Guiyang (ANTARA) - Model bahasa besar (large language model/LLM) multimoda profesional pertama di dunia untuk bidang ilmu Bulan telah dirilis di China guna mengakselerasi kecepatan pemrosesan data Bulan dalam jumlah besar secara signifikan.

Perangkat baru itu pertama kali diperkenalkan dalam Pameran Industri Mahadata Internasional China (China International Big Data Industry Expo) di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, oleh Institut Geokimia Akademi Ilmu Pengetahuan China dan Alibaba Cloud Intelligence Group.

Institut Geokimia membangun sebuah platform "Bulan digital" komprehensif dengan bank data terlengkap di dunia yang terkait dengan eksplorasi Bulan.

LLM menciptakan sebuah "otak pintar" untuk Bulan digital itu. Wakil Presiden Alibaba Cloud Intelligence Group Ku Wei mengatakan bahwa LLM mengidentifikasi kawah Bulan dan mengingatnya berdasarkan ukuran, kedalaman, dan bentuk untuk memberikan dasar-dasar penting kepada para ilmuwan bagi studi mereka tentang evolusi geologi Bulan.

Terdapat lebih dari 1 juta kawah Bulan dengan diameter lebih dari 1 kilometer, dan masih banyak lagi kawah yang lebih kecil, seorang peneliti di Institut Geokimia Liu Jianzhong. Mengidentifikasi semua kawah Bulan tidak mungkin dilakukan jika kita hanya mengandalkan tenaga manusia, kata Liu.

Para peneliti kini hanya perlu menginput sebuah gambar kawah Bulan, dan LLM akan menentukan bentuk, ukuran, dan usianya.

"Tingkat akurasinya lebih dari 80 persen, melebihi ekspektasi kami," ujar Liu.

Para ilmuwan mengatakan bahwa kemajuan dan perkembangan ilmu planet bergantung pada dua faktor, yaitu perkembangan teknologi eksplorasi ruang angkasa dalam (deep space), serta level pemrosesan dan pengaplikasian data.

Penelitian ilmiah yang didorong oleh mahadata mengubah proses pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia, dan kecerdasan Bulan digital akan mempercepat penelitian serta inovasi ilmiah Bulan dan planet di China, menurut para ilmuwan.

"LLM seperti seorang anak dengan IQ yang sangat tinggi. Kami melatih dan mengajarkan hal-hal profesional kepada anak ini. Saya pribadi percaya bahwa kecerdasan anak ini mungkin telah mencapai level mahasiswa tingkat dua universitas. Kami akan membiarkannya terus berkembang dan membantu kami memecahkan lebih banyak masalah-masalah ilmiah," kata Liu menambahkan.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024