Jakarta (ANTARA) -
Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) optimistis E-Basketball Championship 2024 di Jakarta, Sabtu (31/8), akan mendongkrak performa tim nasional e-basketball Indonesia ke depan.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu, kejuaraan yang digagas oleh Bidang Esports PP Perbasi itu diikuti 64 peserta terpilih dari ratusan pendaftar yang ingin berpartisipasi.
 
"Ini kejuaraan offline yang pertama kami adakan. Tidak menutup kemungkinan akan ada kejuaraan-kejuaraan lainnya di kemudian hari," kata Ketua Bidang Esports PP Perbasi Pasya Marta Putra.
 
Ia membeberkan, Perbasi ingin membangkitkan tren e-basketball dan mencari potensi untuk memperkuat timnas e-basketball pada masa mendatang.
 
Lebih lanjut Pasya membeberkan, pengurus induk olahraga bola basket tersebut berharap ke depan melalui kompetisi-kompetisi serupa bisa mencetak pemain profesional lebih banyak, sekaligus menghidupkan tren e-basketball di daerah-daerah.
 
Dengan begitu, lanjut dia, talenta-talenta terbaik akan muncul ke permukaan dan menjadi tulang punggung timnas ke depan.
 
Pasya menambahkan, peserta yang datang ke lokasi acara, yaitu Gamer’s Paradise, Jakarta Selatan, tidak hanya berasal dari Jabodetabek.
 
Tercatat peserta ada yang berasal dari Kota Semarang, Surabaya, Bandung, dan Papua
 
"Terima kasih untuk para peserta, antusiasnya luar biasa. Bahkan kami harus menolak pendaftaran karena keterbatasan tempat dan demi efektifitas pelaksanaan," ujar dia.
 
Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi menyambut baik ajang tersebut.
 
Ia mengatakan, Indonesia memang membutuhkan banyak kegiatan untuk menambah jam terbang dan meningkatkan kualitas, sekaligus memperbanyak referensi untuk menguatkan timnas e-basketball
 
"Kami ingin mengejar target menjadi juara di level Asia Tenggara maupun Asia. Kami harus bisa melewati Filipina sebagai papan atas e-Basketball Asia sekaligus menatap persaingan di level dunia," kata Nirmala.
 
Ia menyatakan, Perbasi akan terus mendorong kegiatan-kegiatan serupa, guna kepentingan untuk peningkatan prestasi.
 
"Kegiatan seperti ini bagus untuk talent scouting kami, untuk mencari bibit-bibit baru lagi yang lebih profesional. Minimal acara seperti ini diadakan 2-3 kali dalam setahun karena kurang kalau hanya setahun sekali," ujar dia.
 
Dalam kejuaraan E-Basketball Championship 2024 itu, tiga peserta keluar sebagai pemenang. Untuk juara ditempati Sean Oliver yang berhak dengan hadiah Rp5,5 juta.
 
Kemudian, posisi runner up ditempati Raja Fernando Siahaan yang membawa pulang hadiah Rp3 juta dan peringkat terakhir, direbut Muhammad Althaf yang berhak atas hadiah Rp1,5 juta.
 
Momentum kejuaraan itu juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan skuad timnas e-basketball Indonesia.
 
Tim itu dijadwalkan bersaing dalam eFIBA Season 3 2024, pada November.
 
Pada eFIBA Season 2 Regional Asia, timnas e-basketball Indonesia menjadi runner up.
 
Skuad tersebut saat ini diperkuat oleh Herdanto Antaris Purnomo, Davin Sean Oliver, Muhammad Ikram Setiadi, Farrellino Athar Nasution, dan Samuel Yonathan Sinaga
 
Sementara yang bertindak sebagai manajer adalah Pasya Marta Putra.

Baca juga: Perbasi gelar E-Basketball Championship 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024