Sentani (ANTARA) - Pemerintah Distrik Depapre menyebutkan dana otonomi khusus (Otsus) 2024 sebesar Rp1 miliar diperuntukkan bagi program stunting atau pertumbuhan lambat dan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat orang asli Papua (OAP).

Kepala Distrik Depapre Dolat Abisay di Sentani, Minggu mengatakan Rp15 juta dari dana Otsus digunakan untuk mendukung program stunting.

“Kami berharap masyarakat delapan kampung bisa terhindari dari stunting dengan pemberian makanan tambahan kepada posyandu,” katanya.

Menurut Abisay, selain dukungan terhadap program stunting pihaknya juga membangun infrastruktur pendukung sektor pariwisata dan pengembangan ekonomi masyarakat.

“Distrik Depapre potensi wisatanya sangat luar biasa sehingga pembuatan infrastruktur pendukung sangat diperlukan dalam meningkatkan jumlah wisatawan,” ujarnya.

Dia menjelaskan dukungan pariwisata diantaranya pembuatan tempat mandi cuci kaku (MCK) dan gazebo di titik-titik objek wisata.

“Kami berharap pengunjung yang datang menikmati keindahan pantai maupun hutan di Depapre merasa nyaman sehingga masyarakat setempat memperoleh manfaatnya,” katanya.

Dia mengharapkan dukungan masyarakat untuk terus menciptakan kondisi keamanan yang kondusif sehingga pengunjung wisatawan akan terus berdatangan di menikmati objek wisata di Distrik Depapre.

“Kami sudah membantu membuatkan infrastruktur sederhana seperti MCK dan gazebo, sekarang masyarakat yang harus menjaga salah satunya keamanan supaya orang dari luar akan berani datang ke sini,” ujarnya.

Baca juga: Dana otsus Dinsos Rp1,7 miliar bantu 100 lansia OAP di pulau Numfor
Baca juga: Pj Bupati Jayapura harap dana Otsus tepat sasaran ke masyarakat OAP
Baca juga: Disperkim Biak alokasi dana otsus Rp1,6 miliar rehab rumah OAP



 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024