Jakarta (ANTARA) - Toko Kopi Tuku bersama Beragam Kopi Indonesia (sebuah roastery yang memasok biji kopi untuk beberapa toko kopi) menyelenggarakan acara "Jelajah Ragam Single Origin" untuk memperkenalkan kenikmatan cita rasa kopi Indonesia.

"Melalui 'Jelajah Ragam Single Origin', kami ingin mengajak masyarakat untuk menjelajahi dan mencintai kopi Nusantara," ujar Direktur Beragam Nur Jamila dalam rilis pers, Minggu.

Cita rasa kopi yang dimaksud seperti Kopi Pangalengan yang menawarkan cita rasa teh hitam, jeruk dan sentuhan apel merah; Kopi Gayo yang memiliki cita rasa manis anggur, belimbing, dengan sentuhan jeruk; serta Kopi Bali dengan rasa buah-buahan nanas, jeruk, dengan sentuhan cokelat.

Baca juga: Menebar cita rasa robusta Kopi Lamaole Pulau Solor

Mengambil inspirasi dari Amazing Race, sebuah acara realitas populer di mana para tim berlomba mengelilingi dunia memecahkan petunjuk dan menyelesaikan tantangan, peserta "Jelajah Ragam Single Origin" diajak berpetualang seru di sekitar Gelora Bung Karno, Jakarta

Setiap titik poin yang disinggahi, yaitu Patung Bung Karno, JCC GBK, dan Stadion Akuatik, menyimpan teka-teki yang harus dipecahkan untuk mendapatkan petunjuk tentang asal daerah kopi single origin yaitu Pangalengan, Gayo, dan Bali.

Petualangan yang digelar Sabtu (31/8) itu dimulai dan berakhir di Tuku GBK, menciptakan atmosfer kompetisi yang penuh semangat.

Baca juga: Mengenal ragam kopi Maluku, cita rasa dan tradisi yang tak padam

Kolaborasi unik dengan Jejalan Sekitar dan PhotoWalkRamean, dua komunitas yang gemar menjelajahi kota Jakarta dengan berjalan kaki, semakin memeriahkan acara ini, menyatukan semangat petualangan, kopi, dan gotong royong.

"Indonesia, surga bagi pencinta kopi, menawarkan beragam cita rasa unik dari daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia," kata Nur Jamila.

Jelajah Ragam Single Origin adalah sebuah awal dari rangkaian acara dari Tuku dan Beragam untuk memperkenalkan kopi Indonesia menuju World of Coffee Jakarta 2025.

Baca juga: Gandeng pakar cita rasa, KJRI Chicago perkenalkan kopi Indonesia

Acara ini akan menjadi panggung dunia bagi Indonesia untuk memamerkan kekayaan warisan kopi dan menegaskan posisinya sebagai pemain kunci dalam industri kopi global. 

Sebagai wadah bertemunya para pelaku industri, pencinta kopi, dan pemangku kepentingan dari seluruh dunia, ajang World of Coffee Jakarta 2025 merupakan peluang emas bagi Indonesia untuk menunjukkan komitmennya terhadap kualitas, keberlanjutan, dan inovasi di sektor kopi.

Baca juga: Mengenal Q Grader pencicip cita rasa kopi dari Sumbar

Baca juga: Cita rasa kopi Tambora dalam guratan sejarah

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024