Kerja sama ini merupakan langkah konkret dalam mendukung UMKM untuk dapat lebih mudah mengakses pasar internasional.
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) dan Shipper menjalin kerja sama agar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menembus pasar global.

"Kerja sama ini merupakan langkah konkret dalam mendukung UMKM untuk dapat lebih mudah mengakses pasar internasional," ujar Chairman APRINDO Roy Nicholas Mandey, di Jakarta, Minggu.

Roy berharap dukungan tersebut dapat membantu UMKM lebih mudah dalam melakukan ekspor.

​​​​​​"Kami berharap, dengan adanya dukungan dari Shipper, mitra binaan kami dapat lebih mudah dalam melakukan ekspor dan mampu memperkenalkan produk mereka kepada konsumen yang lebih luas di pasar global," katanya.

Peran UMKM sebagai katalis perekonomian Indonesia perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak khususnya dalam peningkatan efisiensi biaya operasional logistik.

Shipper, perusahaan 4PL (Fourth Party Logistics/logistik pihak keempat) akselerator bisnis logistik digital terkemuka di Indonesia, telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan APRINDO dalam rangka memperkuat kolaborasi untuk mendukung pelaku usaha retail, khususnya UMKM binaan APRINDO.

Penandatanganan MoU ini berlangsung di Jakarta, bertepatan dengan acara Asia (Indonesia) Fashion Show 2024 beberapa waktu lalu.

Co-Founder & CIO (Chief Innovation Officer) Shipper Jessica Hendrawidjaja mengatakan, kerja sama strategis ini dapat membuka peluang besar bagi UMKM Indonesia ke pasar global, mulai dari kawasan Asia Tenggara, negara dunia ketiga dan lebih luas lagi hingga ke negara-negara maju lainnya. Kolaborasi ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk-produk UMKM Indonesia di pasar internasional.

Sebagai mitra strategis dalam pengiriman ekspor produk UMKM, Shipper akan memberikan dukungan penuh kepada jutaan UMKM binaan APRINDO dalam proses pengiriman produk mereka ke luar negeri.

Didukung oleh layanan digital yang komprehensif sebagai 4PL yang telah menjangkau lebih dari 30 kota besar di seluruh Indonesia, lengkap dengan infrastruktur yang kuat.

"Shipper berkomitmen untuk selalu menjadi mitra yang dapat diandalkan, mulai dari memberikan layanan supply chain management yang terintegrasi, hingga memberikan solusi logistik yang efisien, terukur, dan inovatif, yang disesuaikan dengan beragam kebutuhan pelanggan, sehingga produk-produk UMKM Indonesia dapat tiba di tangan konsumen internasional dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang optimal," kata Jessica.

Di tengah ancaman perlambatan ekonomi, lonjakan pasar, kondisi makro, serta kondisi geopolitik dunia saat ini, ekspor bisa menjadi harapan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kerja sama Shipper dan APRINDO juga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri melalui kegiatan ekspor produk-produk lokal.
Baca juga: Aprindo tegaskan minimarket anggotanya tak jual pulsa judi online
Baca juga: Aprindo pastikan ada minimarket di IKN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024