Mojokerto, Provinsi Jawa Timur (ANTARA) - PT Multi Bintang Indonesia Tbk (Kode emiten: MLBI) menyampaikan bahwa perusahaan telah menerapkan instalasi panel surya pada dua pabriknya dan menghimpun sebesar 3.387 megawatt-jam (MWh) per tahun.

Corporate Affairs Director Multi Bintang Indonesia Bambang Chriswanto mengatakan pemanfaatan panel surya memenuhi 18 persen kebutuhan listrik di fasilitas pembuatan bir (brewery) Sampangagung, Kabupaten Mojokerto dan 19 persen pada brewery Tangerang sepanjang tahun 2024.

Menurut Bambang di Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (31/8), secara umum Perseroan telah mengucurkan investasi senilai Rp93,3 miliar untuk berbagai program berkelanjutan di sektor lingkungan maupun sosial.

"Hingga akhir tahun 2023, Multi Bintang Indonesia telah berinvestasi senilai Rp93,9 miliar untuk program lingkungan dan sosial sebagai bagian Brew a Better World. Ke depan, kami akan terus berinvestasi dan terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan,” ujarnya.

Kemudian pada aspek sosial, Multi Bintang Indonesia bekerja sama dengan Wahana Edukasi Harapan Alam Semesta (Wehasta) untuk mengelola sampah guna membantu meningkatkan sirkularitas, manajemen air bersih, dan memberikan pelatihan kepada komunitas lokal sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat.

Demi mewujudkan hal tersebut, Bambang menjelaskan bahwa Multi Bintang Indonesia dan Wehasta mendirikan TPS3R (Tempat Pembuangan Sampah Reduce-Reuse-Recycle) dan bank sampah.

Didirikannya dua fasilitas tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah domestik rumah tangga yang mencemari daerah aliran sungai (DAS).

Kedua sarana tersebut menjadi tempat untuk mengelola sampah rumah tangga guna mengurangi jumlah timbunan sampah yang dibuang ke permukaan air. Untuk itu, ia menilai inisiatif tersebut mampu menjaga kesehatan DAS sekaligus memberdayakan dan memperkuat ekonomi lokal masyarakat.

Baca juga: MLBI sebut kucurkan Rp93,9 miliar untuk program keberlanjutan

Sisyantoko atau akrab disapa dengan panggilan Cak Toko dari Wehasta mengatakan bahwa kegiatan edukasi dan pemberdayaan masyarakat pun gencar dilakukan.

“Sejauh ini, kami sudah menjangkau 3.125 anggota masyarakat dan memberikan informasi seputar pengolahan sampah, pembuatan kompos, pembibitan, dan pertanian organik,” ucapnya.

Hingga saat ini terdapat dua TPS3R dan 316 unit bank sampah. Dari banyaknya jumlah unit bank sampah tersebut, ada 14.615 nasabah dengan dampak ekonomi yang mencapai Rp56.940.415 sejak tahun 2023 hingga kuartal I 2024.

Selanjutnya, TPS3R Sampang baru saja diresmikan setelah berjalan efektifnya TPS3R Trawas. Di TPS3R Trawas, 187 ton total sampah terkelola dari November 2022 hingga Juli 2023.

TPS3R Trawas dan TPS3R Sampang akan mengelola sampah domestik dan limbah dari Multi Bintang Indonesia, untuk dijadikan bahan baku pembuatan kompos, sehingga menjadikan TPS3R dan komunitas sebagai bagian dari rantai nilai perusahaan.

Baca juga: MLBI manfaatkan energi biomassa guna tekan emisi karbon

Bambang menyampaikan bahwa keberhasilan dalam meraih pencapaian tersebut sejalan dengan ambisi keberlanjutan Brew a Better World 2030 yang merangkum sejumlah target dan aktivitas keberlanjutan perusahaan.

Ambisi ini memiliki tiga pilar utama, yakni keberlanjutan lingkungan, keberlanjutan sosial, dan konsumsi yang bertanggung jawab.

Ia menyebut emiten dengan kode saham MLBI itu selalu mengutamakan kebersamaan, aspek ekonomi, dan pengelolaan sumber daya air yang bertanggung jawab dalam setiap inisiatif perusahaan.

Multi Bintang Indonesia juga melakukan kegiatan reforestasi bersama dengan para petani dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) di Gunung Halimun Salak, hulu DAS Cisadane, Tangerang seluas 200 hektare untuk mewujudkan DAS yang sehat.

“Pada pilar keberlanjutan sosial, selain program pemberdayaan masyarakat Multi Bintang Indonesia juga secara konsisten mewujudkan lingkungan kerja yang inklusif, adil, dan aman, melalui serangkaian program yang salah contohnya adalah Women in Sales,” ujar Bambang.

Baca juga: Multi Bintang Indonesia berdayakan warga lokal sebagai langkah sosial

Sementara pada pilar konsumsi yang bertanggung jawab, Multi Bintang Indonesia pun memproduksi portofolio produk minuman non-alkohol, Bintang 0.0 persen dan Green Sands untuk memberikan opsi bagi konsumen dalam menikmati setiap momen kebersamaan serta melakukan edukasi konsumsi yang bertanggung jawab pada konsumen.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024