Palangka Raya, Kalteng (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perikanan melibatkan tim dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta tim peneliti dari Jepang untuk meneliti kondisi ekosistem di tiga danau wilayahnya.

"Ketiga danau yang menjadi objek penelitian adalah Danau Hanjalutung, Danau Tahai, dan Danau Teluk," kata Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Indriarti Ritadewi di Palangka Raya, Kalteng, Sabtu.

Ia menerangkan penelitian bertujuan untuk mengukur pH, kedalaman perairan, serta parameter penting lainnya yang berkaitan dengan ekosistem dan kualitas lingkungan perairan di tiga danau tersebut.

Indriarti menambahkan bahwa penelitian sangat penting untuk memahami kondisi aktual perairan di danau-danau tersebut, terutama dalam menjaga kualitas air dan keseimbangan ekosistem yang ada.

"Penelitian ini akan memberikan data yang sangat penting bagi kami dalam memahami kondisi perairan ketiga danau tersebut. Data akan membantu kami dalam pengambilan langkah menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung pengembangan kegiatan perikanan yang berkelanjutan," katanya.

Indriarti mengungkapkan bahwa hasil dari penelitian diharapkan dapat menjadi acuan dalam penyusunan kebijakan pengelolaan perairan.

Hal itu penting dalam upaya konservasi dan pengembangan ekowisata yang ramah lingkungan di daerah tersebut.

"Kami berharap melalui penelitian ini kita dapat menemukan solusi terbaik untuk menjaga keseimbangan ekosistem di ketiga danau ini serta memastikan bahwa sumber daya alam ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh generasi mendatang," jelasnya.

Lebih lanjut, Indriarti menyebutkan pihaknya akan terus mendukung upaya penelitian dan inovasi yang bertujuan untuk melestarikan sumber daya alam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga ekosistem danau tetap lestari, di antaranya dengan tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang merusak lingkungan baik menggunakan bom, setrum, racun dan lainnya.

Dalam rangka menjaga ekosistem danau, terutama terkait ketersediaan ikan di alam liar, Dinas Perikanan Kota Palangka Raya juga melakukan penebaran bibit ikan atau melaksanakan program restocking yang bekerja sama dengan Balai Benih Ikan Mandiangin.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024