Alun-alun Kota Toboali dan revitalisasi Pasar Toboali merupakan titik ekonomi yang menjadi wadah para pelaku UMKM
Toboali, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun Alun-alun Kota Toboali dengan alokasi anggaran senilai Rp13,3 miliar.

"Saat ini pembangunannya sudah berjalan sekitar 40 persen dan ditargetkan selesai pada 25 Desember 2024," kata Sekretaris Daerah Pemkab Bangka Selatan Haris Setiawan di Toboali, Babel, Sabtu.

Ia mengatakan Alun-alun Kota Toboali dalam jangka panjang akan menjadi ikon baru di kabupaten yang dijuluki "Junjung Besaoh" itu.

"Alun-alun ini kita proyeksikan sebagai kawasan wisata dan titik ekonomi baru bagi para pelaku UMKM, sehingga ekonomi berputar dan masyarakat memiliki destinasi wisata untuk bisa dikunjungi bersama keluarga," ujarnya.

Ia juga mengatakan selain membangun Alun-alun Kota Toboali, pihaknya juga sudah merampungkan program revitalisasi Pasar Toboali dengan anggaran Rp34,3 miliar.

Pasar Toboali yang selesai dibangun itu memiliki 68 ruko di lantai satu dan dua serta tooftop di lantai tiga.

Kemudian, juga dilengkapi dengan 13 unit fasilitas toilet yang terdiri dari 10 toilet umum laki-laki dan perempuan dan tiga unit dirancang untuk difabel serta alarm kebakaran.

"Alun-alun Kota Toboali dan revitalisasi Pasar Toboali merupakan titik ekonomi yang menjadi wadah para pelaku UMKM untuk menjalankan usaha yang mereka geluti," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024