MTQ Nasional kali ini akan menonjolkan konsep digital dengan menampilkan hologram yang menggambarkan proses masuknya Raja Kutai untuk memeluk Islam di Bumi Etam.
Samarinda (ANTARA) - Acara penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-30 di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur akan dimeriahkan sejumlah even di antaranya atraksi 500 drone membentuk Lafadz Allah dan Muhammad.

"Pada acara pertunjukan MTQN diupayakan ada pemecahan Rekor MURI yakni dengan menyajikan seni kaligrafi internasional dan drone show yang akan menjadi bagian dari agenda penutupan, yang rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin," kata Sri Wahyuni di Samarinda, Sabtu.

Sri Wahyuni menjelaskan drone show akan melibatkan 500 drone di ketinggian 300 meter, sehingga masyarakat dapat menyaksikannya dari berbagai titik di Samarinda.

Dalam upaya memecahkan Rekor MURI, pihaknya akan membuat pola tulisan “Allah” dan “Muhammad” terbesar di Indonesia dengan menggunakan teknologi drone.

“Kami ingin mencatatkan nama MTQ Nasional Kaltim sebagai yang terdepan dalam inovasi dan kreativitas,” kata Sri Wahyuni.

Diketahui pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-30 yang akan berlangsung  6-16 September 2024. Acara ini dipastikan akan digelar dengan penuh kemeriahan dan semangat keagamaan yang tinggi.

Selain itu, MTQ Nasional kali ini akan menonjolkan konsep digital dengan menampilkan hologram yang menggambarkan proses masuknya Raja Kutai untuk memeluk Islam di Bumi Etam.

"Hologram ini akan memberikan pengalaman seperti bermain game, karena tidak banyak yang tahu sejarah masuknya Islam di Kalimantan,” ungkap Sri.

Sri Wahyuni juga memberikan tips bagi masyarakat untuk mendapatkan spot foto terbaik saat 500 drone melayang di udara, dengan merekomendasikan jembatan sebagai salah satu lokasi ideal.

ia juga membuka peluang bagi para fotografer untuk mengikuti kompetisi foto terbaik yang akan diadakan selama acara berlangsung.

“Kami ingin media dan masyarakat turut berpartisipasi dalam lomba potret indah ini,” jelasnya.
Baca juga: Kemenag: MTQN 2024 di Kaltim diikuti 1.998 peserta
Baca juga: Pemprov Kaltim perkenalkan anggrek hitam sebagai maskot MTQN
Baca juga: Pemprov Kaltim sampaikan progres kesiapan MTQN kepada Dirjen Kemenag

Pewarta: Arumanto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024