Jokowi dan Prabowo tampak cair dan kompak dalam acara tersebut.
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo tampak beberapa kali tersenyum hingga tertawa lepas saat menghadiri Apel Akbar Kader Partai Gerindra di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu malam.

Senyum dan tawa lepas Jokowi terjadi saat Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan pidato sekaligus laporannya pada acara tersebut.

Presiden tampak tersenyum hingga berdiri dan menangkupkan kedua tangannya sebagai sikap berterima kasih ketika Muzani menyatakan bahwa Gerindra merasa bangga karena Jokowi hadir pada acara tersebut mengenakan pakaian kemeja putih dan bawahan berwarna krem yang menjadi khas kader Partai Gerindra.

Sontak seluruh kader Partai Gerindra menyerukan nama Jokowi dan melakukan yel-yel "terima kasih Bapak Jokowi".

Jokowi tampak tersenyum dan berdiri kembali sambil menangkupkan kedua tangannya.

Muzani lalu kembali melanjutkan pidatonya. Dia menyampaikan harapan agar cinta Jokowi kepada Gerindra dimulai dari baju yang dikenakan malam itu.

"Memang Pak Jokowi dalam beberapa hari terakhir dalam setiap menghadiri acara partai menyesuaikan dengan warna partainya. Akan tetapi, biasanya cinta terakhir itulah yang akan bersemi di hati beliau," kata Muzani.

Pernyataan Muzani ini membuat Jokowi tertawa lepas hingga terbahak dari kursi tempatnya duduk.

Jokowi juga terlihat terbahak ketika Muzani menyampaikan sebuah pantun yang menyinggung soal isu pecah kongsi antara Prabowo dan Jokowi.

"Makan soto Betawi di Kota Bekasi ditambah opak dari Ibu Lestari, banyak orang yang berharap Pak Prabowo dengan Jokowi katanya sudah pecah kongsi, padahal keduanya sibuk membangun negeri," demikian salah satu pantun Muzani yang menyulut tawa Jokowi.

Baca juga: Muzani: Saya bangga Pak Presiden datang dengan baju berwarna putih
Baca juga: Muzani: Rapat pimpinan nasional minta Prabowo kembali pimpin Gerindra


Tawa lepas Jokowi juga terjadi saat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam pidatonya menyampaikan bahwa ini pertama kalinya Gerindra mengundang Presiden dan Wakil Presiden RI serta semua partai politik dan tokoh-tokoh untuk hadir pada acara internal Gerindra.

Menurut Prabowo yang juga calon presiden terpilih pada Pemilu 2024, hal itu dilakukan karena dirinya menang dalam pilpres.

"Waktu kalah nggak usah ngundang-undang," seloroh Prabowo yang kembali menyulut tawa Jokowi.

Jokowi dan Prabowo tampak cair dan kompak dalam acara tersebut. Tidak tampak keretakan hubungan di antara keduanya, layaknya diisukan belakangan ini.

Prabowo juga banyak memuji Joko Widodo dalam pidatonya.

Jokowi dalam kesempatan itu hadir bersama dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Tampak pula Calon Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, turut hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, serta ketua umum partai politik lain.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga, Benardy Ferdiansyah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024