Banda Aceh (ANTARA) - Pertandingan pembuka cabang olahraga baseball pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut pada Minggu (1/9) besok akan mempertemukan tim dari Provinsi Lampung dengan Banten.

Technical Delegate (TD) baseball PON XXI Yonatan Hibau, Sabtu, mengatakan pertandingan pembuka tersebut akan menjadi ajang yang sangat dinantikan. Jadwal pertandingan ini diputuskan dalam technical meeting cabang olahraga baseball di Aula Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

"Kami telah melakukan persiapan maksimal untuk memastikan pertandingan ini berjalan lancar. Kami yakin laga ini akan menjadi pembuka yang menarik untuk kompetisi baseball di PON 2024," ujarnya di Banda Aceh.

Ia menjelaskan persiapan tempat dan fasilitas di arena pertandingan sudah hampir mencapai 100 persen.

“Karena ini adalah pertandingan pembuka, kami ingin memastikan semuanya berjalan sempurna. Kami berharap dapat menyajikan pertandingan yang tidak hanya kompetitif tetapi juga menghibur,” ujarnya.

Ia menambahkan pertandingan tersebut akan menjadi ujian awal bagi kedua tim yang telah mempersiapkan diri dengan sangat baik.

Tim Lampung dan Banten sama-sama memiliki sejarah kuat dalam olahraga baseball. Kedua tim tersebut diprediksi akan memberikan penampilan terbaik untuk meraih kemenangan.

Selain itu, kedua tim tersebut merupakan peraih medali pada PON XX Papua 2021. Kala itu, Lampung meraih medali perak dan Banten kebagian perunggu.

"PON 2024 diharapkan menjadi ajang pembuktian kemampuan para atlet terbaik dari seluruh Indonesia, dan cabang olahraga baseball dipastikan akan memberikan aksi yang spektakuler selama ajang dua tahunan itu berlangsung," ujar Yonatan.

Hari pertama pertandingan pada Minggu (1/9) besok, tim Lampung melawan Banten yang dijadwalkan pukul 08.00 - 11.00 WIB, kemudian dilanjutkan Jawa Barat melawan Sumut pada pukul 11.15 - 14.00 WIB serta Bali melawan DKI Jakarta pukul 14.30 - 17.00 WIB.

Pada PON XXI Aceh-Sumut, baseball diikuti oleh tujuh daerah, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Bali dan Jawa Barat, Banten, Lampung dan juara bertahan DKI Jakarta.

Cabang olahraga ini akan menerapkan sistem pertandingan setengah kompetisi, dimana tujuh tim akan saling bertemu pada babak penyisihan.

Peringkat satu hingga empat akan masuk ke babak super round, dimana peringkat satu melawan peringkat empat dan peringkat dua lawan peringkat tiga. Kemudian, masing-masing pemenang akan melaju ke final.

Baca juga: Tujuh tim baseball uji coba arena PON XXI di Banda Aceh
Baca juga: Lapangan bisbol Universitas Syiah Kuala siap digunakan untuk PON

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024