Bu Krisdayanti besok tes psikologi dengan Pak Gumelar dan Pak Rudi. Kalau Pak Kresna, sudah semua, beliau tes psikologi tadi pagi.
Malang Raya (ANTARA) - Bakal Calon Wali Kota Batu Krisdayanti menyatakan seluruh proses tes kesehatan fisik sebagai salah satu syarat pencalonan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Rumah Sakit Karsa Husada, Sabtu, berjalan lancar meski sehari sebelumnya sempat mengalami sakit.
 
"Alhamdulillah, tim dokter di Rumah Sakit Karsa Husada kalau dinilai 10 poinnya dan lancar. Kemarin itu sempat mengalami batuk kering jadi tesnya pada hari ini," kata Krisdayanti setelah agenda tes kesehatan fisik.
 
Pelaksanaan kesehatan tes yang dijalani Krisdayanti dimulai sekitar pukul 09.30 WIB dan selesai pukul 15.10 WIB.
 
Diva Tanah Air itu menjelaskan bahwa tes kesehatan sudah sesuai dengan aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
"Pemeriksaan cukup panjang seperti treadmill, penyakit dalam, neurologi, THT, gigi, dan mata. Saya juga menjalani pap smear dan USG," ujarnya.
 
Soal kondisi kesehatannya sempat turun, Krisdayanti mengatakan bahwa hal itu karena padatnya rutinitas setelah mendaftar di KPU Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (28/8).
 
"Waktu daftar itu konvoi lumayan jauh jaraknya, terus hawa di Kota Batu ini dingin. Setelah itu, pada tanggal 29 Agustus saya ada acara di Jakarta. Mungkin sedikit dipaksakan sehingga batuk," ucap dia.
 
Oleh karena itu, tes kesehatan yang seharusnya pada hari Jumat (30/8) ditunda dan dilaksanakan pada hari Sabtu.

Baca juga: Krisdayanti-Kresna daftar Pilkada Kota Batu pada hari kedua
Baca juga: Krisdayanti-Kresna diarak ratusan simpatisan saat daftar ke KPU Batu
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Karsa Husada Kota Batu dr. Ferdinandus Stevanus Kakiay mengatakan bahwa pihaknya sudah menjadwalkan Krisdayanti mengikuti pelaksanaan tes psikologi pada hari Minggu (1/9) setelah tes kesehatan fisik selesai.
 
Krisdayanti akan menjalani pelaksanaan tahapan tersebut bersama pasangan Firhando Gumelar-Rudi. Sementara itu, bakal calon wakil wali kota pasangan Krisdayanti, Kresna Dewanata Phrosakh, sudah menyelesaikan seluruh tahapan pemeriksaan kesehatan pada hari ini.
 
"Bu Krisdayanti besok tes psikologi dengan Pak Gumelar dan Pak Rudi. Kalau Pak Kresna, sudah semua, beliau tes psikologi tadi pagi," ucapnya.
 
Setelah seluruh bakal pasangan calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu merampungkan tes kesehatan, tim dokter Rumah Sakit Karsa Husada akan melakukan rapat pleno, kemudian mengevaluasi hasil pemeriksaan.
 
"Hasil nanti lakukan rapat pleno minggu depan, kemudian kami simpulkan satu kali dengan seluruh tim, lalu penyerahan dokumen ke KPU Kota Batu antara tanggal 10 dan 12 September," kata dia.

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024