Jakarta (ANTARA) -
Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Ridwan Kamil (RK) dan Suswono selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta, Sabtu, sebagai persyaratan maju pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta tahun 2024.

Pasangan RK-Suswono selesai menjalani pemeriksaan sekitar pukul 16.30 WIB setelah mengikuti prosesnya sejak sekitar pukul 07.00 WIB. Pemeriksaan itu lebih cepat selesai dari yang semula dijadwalkan selama 11 jam.

"Kami sudah koordinasi dengan KPU untuk hasil laporan pemeriksaan kesehatan," kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD Tarakan dr. Weningtyas Purnomorini di RSUD Tarakan, Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan bahwa pasangan RK-Suswono dalam keadaan yang baik berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang berjalan lancar sehingga dapat diselesaikan lebih cepat.

Baca juga: Ridwan Kamil-Suswono jalani tes narkoba hingga psikologi

Sementara itu, Ridwan Kamil menyoroti tes responsif saraf yang berlangsung selama satu jam dalam proses pemeriksaan kesehatan tersebut.

Dalam tes itu, dia mengaku disetrum beberapa kali oleh dokter saraf yang menanganinya.

Selama dua kali mengikuti pilkada, RK mengaku baru kali ini ada tes pemeriksaan saraf. Namun, dia bersyukur telah lolos saat menjalani tes itu dan berterima kasih kepada RSUD Tarakan.

"Walaupun RSUD, tetapi kualitasnya sangat luar biasa. Saya mengucapkan terima kasih kepada manajemen RSUD Tarakan, para dokter yang sangat profesional, tempatnya juga memadai," kata mantan Gubernur Jawa Barat itu.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyatakan akan menerima hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon pada 2 September 2024 untuk bisa meneruskan proses tahapan Pilkada DKI.
 
"(Tanggal) 2 September akan kami terima seluruh hasil dari tim pemeriksa kesehatan dan tim penilai dari RSUD Tarakan," kata Ketua Bidang Teknis Penyelenggara KPU DKI Jakarta Dody Wijaya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (30/8).

Baca juga: Ridwan Kamil-Suswono prioritaskan kesehatan udara untuk tekan ISPA
Baca juga: RSUD Tarakan siapkan secara matang cek kesehatan Cagub-Cawagub DKI

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024