Mereka berpuasa 8 jam dari kemarin karena akurasi pemeriksaan darah perlu berpuasa terlebih dahulu.
Denpasar (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bali Mandara (RSBM) telah menyelesaikan hari pertama tahap pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar 2024.

Direktur RSUD Bali Mandara I Gusti Ngurah Putra Dharma Jaya di Denpasar, Sabtu, mengatakan bahwa kedua bakal pasang calon ini sejak awal datang sudah terlihat siap sehingga tak ada kendala pada hari pertama.

"Kalau secara fisik, beliau-beliau itu seperti olahragawan semua. Jadi, saya pikir beliau-beliau sudah mempersiapkan diri dan seperti tadi dilihat, pemeriksaan begitu cepat," kata dia.

Diketahui bahwa pemeriksaan kesehatan untuk calon kepala daerah di Ibu Kota Provinsi Bali itu berlangsung sekitar 8 jam. Alat pemeriksaan bergantian dengan bakal pasangan calon dari Kabupaten Karangasem.

Ngurah Putra menjelaskan bahwa pada hari pertama tes darah terhadap pasangan IGN Jaya Negara-Kadek Agus Arya Wibawa dan Gede Ngurah Ambara Putra-I Nengah Yasa Adi Susanto.

"Mereka berpuasa 8 jam dari kemarin karena akurasi pemeriksaan darah perlu berpuasa terlebih dahulu. Setelah pemeriksaan darah, mereka melakukan pemeriksaan radiologi, kemudian pemeriksaan poli ke poli," ujarnya.

Direktur RSUD Bali Mandara melanjutkan, "Poli itu seperti jantung, gigi mulut, THT, mata, hampir seluruh organ tubuh itu kami periksa. Kami ingin memastikan kesiapan mereka untuk memimpin 5 tahun ke depan."

Pada hari kedua pemeriksaan kesehatan, Minggu (1/9), pihak rumah sakit sudah menyiapkan 46 dokter spesialis. Mereka akan melakukan tes psikologis melalui wawancara.

"Apabila terdapat pemeriksaan lanjutan, akan dijelaskan besok," katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil-Suswono jalani tes narkoba hingga psikologi
Baca juga: RSBP Batam lakukan pemeriksaan 8 bakal paslon Pilkada


Senada dengan pihak rumah sakit, Ketua KPU Kota Denpasar Dewa Ayu Sekar Anggaraeni juga melihat tahapan ini berlangsung lancar.

Diharapkan pula oleh Dewa Ayu, hasil rekomendasi yang diserahkan RSUD Bali Mandara positif sehingga kedua pasangan siap berkontestasi dan memimpin Denpasar ke depan.

"Memang kondisinya (paslon) bahagia-bahagia saja, bagus, dua bakal paslon dalam penglihatan kami sehat dan happy. Harapan kami proses ini berjalan lancar serta hasilnya sehat dan siap berkontestasi pada Pilkada Denpasar," ujarnya.

Selama pemeriksaan kesehatan, KPU Kota Denpasar turut menjalani pemeriksaan administrasi terhadap berkas syarat calon yang mereka bawa ketika pendaftaran. Selanjutnya adalah tahap perbaikan sebelum ditetapkan.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024