sesuai amanat Pasal 5 Undang-Undang 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, bendera pusaka disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Rombongan kirab duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah teks Proklamasi tiba di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu, sekitar pukul 16.15 dengan iring-iringan drumband TNI-Polri dan pasukan berkuda.

Bendera pusaka dan naskah Proklamasi tiba di kawasan Monas, Jakarta, setelah dibawa dari Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur untuk dikembalikan di ruang penyimpanan di cawan Monas.

Kedua benda pusaka itu dibawa menggunakan mobil taktis Maung, kendaraan yang sama saat kedua benda pusaka itu dikirab dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk kemudian dibawa ke IKN pada 10 Agustus lalu.

Kembalinya bendera pusaka dan naskah Proklamasi ke Monas ini dilakukan dalam rangkaian acara bulan Kemerdekaan untuk memperingati HUT Ke-79 RI.

Selain itu, sesuai amanat Pasal 5 Undang-Undang 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, bendera pusaka disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional Jakarta.

Berdasarkan pantauan di Monumen Nasional, sejumlah anggota Paskibra telah berdiri di sepanjang jalan masuk kirab, yakni melalui Pintu Gambir Monas menuju cawan Monas. Kemudian, belasan pasang abang none Jakarta juga telah menanti di pintu masuk menuju area cawan Monas. Iring-iringan kirab dimeriahkan pula dengan atraksi dan penampilan drumband tiga matra TNI.

Masyarakat pun telah menantikan ketibaan kirab bendera Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Bandara Halim Perdanakusuma sejak pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi tiba di Jakarta dari IKN
Baca juga: Kirab pengembalian bendera pusaka mulai dilakukan dari IKN ke Monas
Baca juga: Presiden sebut kirab bendera dari Monas ke IKN momen bersejarah

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024