Jakarta (ANTARA) - Aktris Amerika Serikat Winona Ryder mengungkapkan "efek raksasa" dari penangkapan yang dilakukan terhadapnya karena perkara pencurian di toko busana pada 2001.

Dalam wawancara terbaru dengan Esquire yang dikutip oleh People pada Jumat (30/8), Ryder (52) mengungkapkan bahwa kesalahan yang dia kira sederhana ternyata menimbulkan "efek raksasa" pada kariernya di Hollywood.

Pemeran film "Beetlejuice Beetlejuice" itu didakwa mencuri pakaian senilai 5.500 dolar AS atau sekira Rp85 juta dari toko Saks Fifth Avenue di Beverly Hills, California.

Pada Desember 2001, ia dinyatakan bersalah dalam perkara pencurian serta dijatuhi hukuman tiga tahun masa percobaan, denda, dan diperintahkan menyelesaikan tugas pengabdian masyarakat.

Ryder kemudian meninggalkan dunia akting dan pindah dari Los Angeles ke San Francisco. Dan ketika kembali ke Hollywood, dia merasa lingkungannya sudah berbeda dari sebelumnya.

"Ada periode ketika saya tidak muncul, itu sekitar 10, 12, 15 tahun yang lalu dan itu bertepatan dengan semua yang terjadi (dalam hidupnya)," kata Ryder.

"Jika melihat pada masa dari 2000 sampai 2010: wow! Itu adalah masa paling merendahkan bagi seorang perempuan. Bahkan orang-orang keren berpartisipasi dalam apa yang semestinya di luar batas," katanya.

Baca juga: Winona Ryder dan Vanessa Paradis bersaksi dalam sidang Johnny Depp

Ryder menuturkan, ketika itu dia terkejut ketika diberi tahu bahwa dia bisa menghabiskan waktu di penjara karena kasusnya.

Dia selanjutnya berusaha berdamai dengan masa lalu dan menganggap jeda dari dunia akting sebagai waktu istirahat yang memang dia butuhkan.

"Secara psikologis saya mungkin berada di suatu tempat dimana saya hanya ingin berhenti," katanya dalam wawancara dengan Porter pada 2016.

"Saya tidak akan membahas apa yang sudah terjadi, tetapi itu bukan seperti yang dipikirkan orang. Dan itu tidak seperti kejahatan abad ini! Tetapi, itu memberi saya waktu yang saya butuhkan, dimana saya kembali ke San Francisco dan kembali melakukan hal-hal yang... Saya punya minat-minat lain, sejujurnya," ia menjelaskan.
​​​​​​
Ryder saat ini sedang mempromosikan film baru berjudul "Beetlejuice Beetlejuice", yang ditayangkan perdana di Festival Film Venesia pada 28 Agustus dan akan diputar di bioskop mulai 6 September 2024.

Baca juga: "Stranger Things" sudah ditonton selama lebih dari satu miliar jam

Baca juga: Produser ungkap masa depan waralaba film "Pirates of the Caribbean"

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024