Kuningan, Jawa Barat (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyampaikan dua jenis tanaman tembakau asal daerahnya yakni paliken dan molegede ditetapkan sebagai varietas lokal oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

"Dua jenis tanaman tembakau sudah ditetapkan menjadi varietas lokal di Kuningan, berdasarkan keputusan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementan," kata Kepala DKPP Kabupaten Kuningan Wahyu Hidayah saat dikonfirmasi di Kuningan, Jabar, Sabtu.
 
Ia menjelaskan dengan penetapan tersebut, Kabupaten Kuningan kini bisa mempromosikan tanaman tembakau asal daerahnya pada pasar domestik maupun internasional.
 
Menurutnya, penetapan ini juga menjamin kualitas serta keaslian varietas tembakau lokal di Kuningan, sehingga nilai produknya semakin meningkat di pasaran.
 
Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kuningan juga dapat melindungi dua varietas tembakau tersebut dari upaya klaim sepihak oleh oknum tidak bertanggung jawab di luar sana.
 
"Dengan penetapan tersebut, berarti varietas lokal tanaman tembakau ini kini menjadi milik masyarakat Kabupaten Kuningan dan mendapatkan perlindungan hukum yang memadai," ujarnya.
 
Upaya perlindungan ini, kata dia, bertujuan guna memperkuat industri perbenihan dan menciptakan tanaman tembakau yang unggul di Kabupaten Kuningan.
 
Pihaknya mencatat hingga Agustus 2024, produksi daun tembakau untuk kategori basah mencapai 1.650 ton dengan tingkat produktivitas lahan sekitar 11 ton per hektare.
 
"Tembakau dari Kabupaten Kuningan dikenal dengan keunikan dan kualitas rajangan yang halus. Dengan diraihnya sertifikat varietas lokal ini, menunjukkan komitmen pemerintah daerah terhadap pengembangan pertanian yang berkelanjutan," tuturnya.
 
Tidak hanya tembakau, Wahyu mengemukakan dalam waktu dekat pihaknya akan mendaftarkan beberapa varietas tanaman agar mengantongi sertifikat dari PPVTPP Kementan.
 
Ia menyebutkan bahwa langkah ini, menjadi strategi yang cukup efektif dalam melindungi kekayaan genetik tanaman di Kabupaten Kuningan.
 
"Kami berkomitmen mendukung sektor pertanian dengan berbagai program,yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan kualitas produk pertanian," katanya.
 
Sementara itu, Kepala PPVTPP Kementan Leli Nuryati mengapresiasi langkah DKPP, yang sudah mendaftarkan varietas tembakau lokal asal Kabupaten Kuningan.
 
Ia menekankan pentingnya sertifikasi ini untuk melindungi varietas tanaman lokal agar tidak diklaim oleh wilayah atau negara lain, dan berharap tembakau Kuningan bisa menjadi komoditas unggulan.
 
"Saat ini sudah banyak peneliti dari luar negeri yang meneliti di dalam negeri. Dikhawatirkan mereka akan mematenkan temuan varietas itu atas nama wilayah atau negaranya," ujar dia.

Baca juga: Pemkab Kuningan bentuk destinasi wisata baru dengan konsep agrowisata
Baca juga: Kuningan bantu petani kembangkan buah melon dengan pertanian modern
Baca juga: Pemkab Kuningan daftarkan varietas tembakau lokal ke Kementan

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024