Beijing (ANTARA) - Struktur utama dari pusat transportasi bawah tanah di Stasiun Subpusat Beijing di Distrik Tongzhou, Beijing, telah rampung dibangun pada Jumat (30/8).

Dirancang dengan sistem transportasi bawah tanah, sistem tersebut secara efektif mengurangi gangguan yang biasanya ditimbulkan oleh pusat transportasi skala besar terhadap lalu lintas di permukaan dan pembangunan perkotaan.

Pada lantai pertama pusat transportasi tersebut terdapat "ruang tamu kota". Fasilitas ini mencakup area seluas 1,3 juta meter persegi yang difungsikan untuk ruang perkantoran, komersial, hotel, serta hunian.

Sinar matahari dari permukaan bangunan akan menerangi area bawah tanah pusat transportasi itu, yang akan mengintegrasikan dua jalur kereta antarkota, satu jalur kereta nasional, lima jalur transit kereta perkotaan, satu jalur kereta pinggiran kota, dan 15 jalur bus.

Menurut pihak pengembannya, desain atap dari stasiun ini memiliki beberapa keunggulan, yakni insulasi termal, stabilitas, dan daya tahan yang lebih baik. Selain itu, atap ini menggabungkan teknologi hemat energi, yang dapat mengurangi penggunaan listrik untuk mendinginkan ruangan dengan jumlah yang setara dengan energi yang dikonsumsi oleh sekitar 3.200 pendingin ruangan rumah tangga setiap musim panas.

Stasiun ini diperkirakan akan siap beroperasi pada akhir 2025 mendatang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024