Jakarta (ANTARA) - Pengadilan tinggi di Brasil secara resmi melarang platform X beroperasi di negaranya dan memerintahkan penangguhan segera platform X di ruang daring-nya.

Dikutip dari laporan Techcrunch, Jumat (30/8), laporan Bloomberg mengungkap bahwa keputusan itu diambil setelah sebelumnya pengadilan tinggi dan platform X selama berbulan-bulan menghadapi pertikaian hukum terkait moderasi konten.

Penangguhan akses ke platform X tidak tanggung-tanggung, masyarakat Brasil yang kedapatan mengakses platform X menggunakan Virtual Private Network (VPN) bahkan bakal dikenakan denda harian sebesar 50.000 real Brasil atau setara Rp138,4 juta.

Baca juga: Laporan: Brasil bekukan rekening Starlink milik Elon Musk

Baca juga: Elon Musk: Ada penyalahgunaan hukum di tengah konflik sensor Brasil


Sebelumnya pada Sabtu (17/8) diberitakan bahwa Pengelola X memutuskan untuk menutup kantor operasional di Brazil, tetapi tetap menyediakan layanan bagi pengguna platform media sosialnya di negara itu.

Perusahaan milik Elon Musk itu menyatakan bahwa Presiden Pengadilan Tinggi Pemilihan Umum dan hakim Mahkamah Agung Federal Brazil Alexandre de Moraes mengancam akan menangkap perwakilan hukum X jika tidak menaati perintah sensornya.

Menurut laporan Reuters yang dikutip oleh Engadget, de Moreas menuntut X mencabut konten tertentu dari platformnya. Alih-alih mengikuti tuntutan itu, X memilih mengakhiri operasi lokalnya "untuk melindungi keselamatan staf kami."

Menurut X, de Moraes menyampaikan tuntutannya melalui sebuah "perintah rahasia" yang dibagikan kepada publik.

Perseteruan antara Brasil dan Elon Musk pun tidak berhenti pada pelarangan X, bahkan bisa dibilang merembet ke bisnis lainnya yaitu Starlink.

Pada hari yang sama dengan keputusan X resmi dilarang di Brasil, diketahui rekening perusahaan Starlink Holding dibekukan karena tidak adanya perwakilan hukum perusahaan.

Baca juga: X tutup kantor operasional di Brazil

Baca juga: Presiden Venezuela blokir akses ke X selama 10 hari

Baca juga: Presiden sebut peragaan busana AI Elon Musk jadi potensi bisnis


 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024