Palembang (ANTARA) -
Jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan menjadi tempat favorit bagi warga untuk menyaksikan perlombaan bidar atau adu cepat dayung perahu di Sungai Musi..
 
Puncak acara lomba bidar  yang digelar oleh Pemerintah Kota Palembang tersebut menjadi hiburan bagi warga setempat dan wisatawan karena memang masih dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Selain Jembatan Ampera ya, Musi VI ini memang tempat yang enak untuk nonton bidar di Sungai Musi, bisa terlihat jelas lombanya," ujar Purmana seorang warga Kertapati Palembang, Sabtu.
 
Menurutnya, lomba bidar menjadi daya tarik bagi keluarga apalagi merupakan hari weekend dimana memang banyak warga yang rekreasi.
 
Hal serupa dikatakan Agus yang memilih menyaksikan lomba bidar dari atas jembatan Musi VI karena bisa melihat secara jelas.
 
"Ya kalau di pelataran Benteng Kuto Besak susah masuk karena pasti ramai ya orang-orang sudah antusias nonton bidar," ucapnya.
 
Sementara itu berdasarkan jadwal dari agenda Pemkot Palembang, lomba bidar mulai pukul 14:00 WIB.
 
Namun ratusan ribu warga Palembang antusias memenuhi beberapa titik di pinggir sungai Musi untuk menyaksikan perlombaan tersebut tidak hanya dari atas jembatan Musi VI.
 
Seperti di Plaza Dermaga 7 Ulu Palembang  warga memenuhi kawasan itu bahkan sejak pukul 10:00 WIB.
   
Keramaian juga terjadi di atas Jembatan Ampera Palembang bahkan membuat situasi lalu lintas menjadi padat merayap.
 
Kemudian di Pelataran Benteng Kuto Besak, ratusan ribu warga telah memenuhi kawasan itu sejak pagi hari.
 
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang menyebutkan pengelola Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan menambah delapan perjalanan selama penyelenggaraan Festival Perahu Bidar pada 29-31 Agustus 2024 untuk mengantisipasi lonjakan pengguna layanan itu.
 
"Penambahan ini untuk mengakomodasikan lonjakan pengguna LRT selama pelaksanaan Festival Perahu Bidar di Pelataran Benteng Kuto Besak, mengingat stasiun Ampera berdekatan dengan lokasi kegiatan festival tersebut," kata Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti.
 
Ia mengatakan penambahan delapan perjalanan ini merupakan salah satu komitmen PT KAI Divre III Palembang sebagai operator LRT Sumsel bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel (BPKARSS) untuk hadir mendukung program Pemerintah Kota Palembang dalam menyambut HUT ke-79 RI.

Baca juga: Bidar Race Muare Ulakan Festival promosikan wisata Kabupaten Sambas

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024