Kupang (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan mengharapkan Provinsi Nusa Tenggara Timur bisa melahirkan atlet-atlet dari cabang olahraga atletik dalam Exotic Run 2024 yang digelar di Kupang.

“Saya juga sangat mengapresiasi para pelari legenda NTT yang hadir bersama kita di sini, Welmince Sonbai dan Khatarina Nesimnasi di mana mereka telah mengharumkan nama NTT dan juga Indonesia. Semoga ke depannya, lahir pula atlet atlet NTT lainnya,” kata Luhut di Kupang Sabtu.

Luhut yang juga adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyampaikan hal itu ketika membuka Exotic Run 2024 yang digelar di depan Kantor Gubernur NTT.

Dia percaya bahwa NTT selalu melahirkan atlet-atlet yang tangguh yang ke depannya dapat memberikan prestasi bagi cabang atletik NTT dan juga bisa untuk Indonesia.

Dalam sambutannya dia juga mengapresiasi upaya dari Pj Gubernur Ayodhia Kalake untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga tersebut dan dia mendukung penuh event tersebut.

“Sebelumnya saya diinformasikan oleh Pak Pj. Gubernur NTT, bahwa di Kupang nanti akan diselenggarakan event lari. Tentu mendengar hal ini, saya sangat mendukung penuh ide tersebut,” tambah dia.

Baca juga: Sekjen PASI sebut Maybank Marathon jadi standar mutu "event" lari 

Dia menceritakan bahwa Ayodhia Kalake sendiri sebelum menjabat sebagai Pj. Gubernur NTT, adalah Sesmenkomarves. Ayodhia dinilai sebagai pemimpin yang paten, yang dapat menangani dengan baik setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

“Dan sekarang sebagai Pj. Gubernur, beliau juga salah satu yang dapat predikat terbaik atas berbagai ide-ide dan gagasan beliau. Dan khusus untuk inisiasi event lari ini, sekali lagi saya sangat apresiasi dan beri dukungan penuh, terutama event ini juga didukung oleh kolaborasi dari berbagai pihak terkait,” ujar Luhut.

Sementara itu Ketua PASI NTT Theodorus Widodo mengatakan bahwa event tersebut dibuat untuk mencari atlet-atlet muda berbakat dari NTT, mengingat NTT nanti juga pada 2028 akan menjadi tuan rumah PON.

Untuk diketahui, tema Exotic Run dipilih karena mempunyai ciri yang berbeda dengan event lari lainnya,karena memasukkan unsur budaya yang ditandai dengan pemakaian ikat kepala motif tenun bagi pelari pria dan selendang pinggang motif tenun bagi pelari perempuan untuk 100 pendaftar pelari pertama.

Selain itu, event ini juga akan dirangkai dengan pameran UMKM binaan dari Bank Indonesia, Bank NTT dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT serta Jazz Festival yang akan menghadirkan bintang tamu Krakatau Band dan sejumlah Band lokal NTT yang akan diselenggarakan pada malam harinya di halaman utama Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT.

Baca juga: Luhut buka Kejurnas Atletik kelompok umur 2024 di Yogyakarta

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024