Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menghadirkan miniatur bus yang dapat dibeli oleh pelanggan sehingga dapat membantu untuk mengedukasi anak untuk mengenal transportasi publik sejak dini melalui media mainan. 

"Anak-anak bisa bermain dan mengenal tentang layanan TransJakarta. Ini komitmen kami tidak hanya hadir sekedar layanan transportasi tetapi juga media belajar bagi generasi penerus belajar," kata Direktur Utama PT TransJakarta Welfizon Yuza di Jakarta, Sabtu.

Ada dua jenis miniatur bus yang diluncurkan yakni bus gandeng (articulated bus) dan bus listrik (metrotrans electrical vehicle). Pelanggan bisa membeli miniatur bus TransJakarta di seluruh gerai Kidz Station dengan harga Rp329.000 dan Rp299.000.

Secara khusus, dia berharap masyarakat dapat lebih mengenal jenis-jenis bus TransJakarta. Adapun peluncuran ini diadakan dalam rangkaian menyambut Hari Pelanggan Nasional pada 4 September 2024.

Baca juga: Bus tingkat khusus antar kontingen olimpiade menuju Istana Presiden

Adapun peluncuran miniatur bus ini merupakan kolaborasi TransJakarta dengan Dickie Toys.

"TransJakarta adalah perusahaan yang mengutamakan kepuasan pelanggan, seiring dengan banyak nya permintaan untuk replika bus TJ maka kami bersinergi dengan Dickie Toys untuk merilis 2 model bus kami agar bisa di miliki oleh pengguna setia kami" ujar Welfizon.

Sementara itu, dari sisi layanan, TransJakarta 
hingga saat ini sudah melayani sekitar 1,3 juta perjalanan setiap hari dengan jumlah armada lebih dari 4000 unit setiap hari. Wilayah Jakarta yang telah terlayani pun mencapai 90 persen.

Lalu, sembilan dari 10 warga Jakarta diklaim sudah memiliki akses menggunakan layanan TransJakarta.

Baca juga: Transjakarta gelar pekan olahraga bersama mitra operator

Awal Agustus ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mencatat jumlah penumpang TransJakarta turun sebanyak 1,26 persen pada Juni 2024 dibandingkan Mei 2024.

Namun bila dibandingkan dengan kondisi yang sama untuk tahun 2023, ada kenaikan jumlah penumpang sebanyak 42,01 persen.

BPS DKI menemukan bahwa sepanjang Juni, jumlah penumpang TransJakarta mencapai 31.617.767 orang.

Adapun total bus TransJakarta yang beroperasi sepanjang Juni 2024 mencapai 4.487 unit atau naik 1,77 persen dibandingkan Mei 2024 (month to month/mtm) dan meningkat 12,74 persen dibandingkan Juni 2023 (year on year/yoy).

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024