Jenewa (ANTARA) - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat mengatakan bahwa waktu yang disepakati untuk kampanye vaksinasi polio di Gaza "kemungkinan tidak cukup" untuk mencapai cakupan yang memadai.

Kampanye vaksinasi polio untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun akan dimulai di Gaza pada Minggu (1/9) dan akan berlangsung selama tiga hari di setiap zona: tengah, selatan, dan utara Gaza, di mana jeda kemanusiaan akan diberlakukan selama distribusi vaksin.

“Karena kondisi keamanan yang tidak stabil, kerusakan pada jalan dan infrastruktur, serta perpindahan dan pergerakan penduduk, tiga hari di setiap area kemungkinan tidak cukup untuk mencapai cakupan yang memadai,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah konferensi pers.

“Cakupan vaksinasi akan dipantau sepanjang kampanye, dan telah disepakati bahwa vaksinasi akan diperpanjang satu hari di mana pun diperlukan,” tambah Tedros.

Ia menekankan bahwa tim vaksinasi harus dilindungi dan diizinkan untuk menjalankan kampanye dengan aman, dan mendesak semua pihak untuk memastikan perlindungan mereka, serta fasilitas kesehatan dan anak-anak.

“Jeda kemanusiaan sangat diperlukan, tetapi pada akhirnya, satu-satunya solusi untuk menjaga kesehatan anak-anak Gaza adalah gencatan senjata,” tegasnya.

Rik Peeperkorn, perwakilan WHO di wilayah Palestina yang diduduki, mengatakan dalam sebuah briefing PBB sebelumnya pada Jumat bahwa kampanye vaksinasi polio akan memberikan dua tetes vaksin oral polio baru tipe 2 (nOPV2) kepada lebih dari 640.000 anak di bawah usia 10 tahun.

Peeperkorn mengatakan bahwa 1,26 juta dosis vaksin dan 500 tempat penyimpanan vaksin telah dikirim ke Gaza, sementara 400.000 dosis vaksin tambahan akan segera tiba.

Ia mencatat bahwa lebih dari 2.180 tenaga kesehatan dan pekerja penyuluh masyarakat telah dilatih untuk memberikan vaksinasi dan memberi tahu masyarakat tentang kampanye tersebut.

“Setidaknya 90 persen cakupan vaksinasi selama setiap putaran kampanye diperlukan untuk menghentikan wabah dan mencegah penyebaran polio secara internasional,” tegasnya.

Sumber : Anadolu-OANA
Baca juga: Nyawa 640 ribu anak di Gaza terancam akibat polio
Baca juga: WHO umumkan 'jeda kemanusiaan khusus wilayah' vaksinasi polio di Gaza
Baca juga: EU serukan jeda kemanusiaan di Gaza untuk vaksinasi polio


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024