Jakarta (ANTARA) -
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepada para penjabat (Pj) kepala daerah agar terus berkarya setelah meraih penghargaan Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah Tahun 2024.

Dengan mendapatkan apresiasi tersebut, Mendagri berharap para penjabat kepala daerah  untuk terus mempertahankan prestasi kesuksesan dalam kinerjanya selama memimpin daerahnya masing-masing,

Dalam keterangan diterima di Jakarta, Sabtu, Tito memastikan bahwa, penilaian untuk pemberian penghargaan tersebut dilakukan secara objektif dan tanpa tekanan demi menerapkan prinsip dasar iklim kompetitif.

"Kali ini yang mendapatkan penilaian adalah para penjabat pengisi kekosongan yang sesuai dengan undang-undang pilkada, filosofinya pemilihan kepala daerah pada November nanti," katanya.
 
Tito pun menyampaikan selamat kepada para kepala daerah baik penjabat gubernur maupun penjabat bupati/wali kota, karena telah mendapatkan apresiasi ini. Adapun penilaian untuk pemberian penghargaan tersebut telah dilakukan sejak Mei 2024.

"Selamat bagi yang terpilih. Bagi yang belum, acara ini mudah-mudahan bisa membangkitkan rekan-rekan untuk terus berkarya. Ini menjadi kebanggaan terus berprestasi," kata Tito.

Sementara itu, salah satu penjabat yang mendapatkan penghargaan itu yakni Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA atas kesuksesannya saat  menjalankan tugas pada periode sebelumnya di Kepulauan Bangka Belitung.

Safrizal mendapatkan dua penghargaan kategori kesejahteraan rakyat dan pelayanan publik dengan fiskal sedang.

Hal yang telah diraih di Bangka Belitung,  akan diterapkan juga di provinsi yang berada di paling barat Republik Indonesia tersebut. "Itu harapkan kita semua untuk kemajuan Aceh," kata Safrizal.
Baca juga: Mendagri minta TP PKK jaga netralitas pada Pilkada Serentak 2024
Baca juga: Mendagri tegaskan pentingnya daerah perbatasan diperkuat
Baca juga: Kemendagri-Kemenkeu beri penghargaan insentif fiskal kepada 50 daerah
Baca juga: Kemendagri-Kemenkeu beri penghargaan insentif fiskal kepada 50 daerah

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024