Jakarta (ANTARA) - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia di Sentul Factory terhitung sejak sejak Maret 2008 berhasil mencapai 6 ribu hari tanpa kecelakaan kerja atau 'zero accident'.

Operations Director Danone SN Indonesia Endri Suprianto menyatakan bahwa melalui 6 ribu hari tanpa kecelakaan kerja merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan dan pihak yang terlibat dan menjadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus memprioritaskan keselamatan kerja.

“Saya bangga dan mengapresiasi seluruh karyawan di Sentul Factory Danone SN Indonesia, pencapaian ini dapat kami raih atas kerja sama yang baik juga budaya keselamatan kerja yang bersama-sama dipegang teguh oleh setiap karyawan dan pihak yang terlibat," kata Endri dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu.

Baca juga: Kemnaker minta ahli K3 kawal implementasi budaya K3 di tempat kerja

Baca juga: Menperin minta ITSS perketat K3 guna cegah kecelakaan kerja


Pencapaian ini menunjukkan betapa disiplinnya perusahaan termasuk operasional pabrik kami dalam menjaga keamanan dan keselamatan dalam beroperasi. Oleh karena itu budaya disiplin ini juga yang kami terapkan dalam kualitas dan keamanan produk kami demi kepentingan terbaik bagi konsumen kami, ” ujarnya.

Pencapaian tersebut terwujud atas kerja sama yang baik antara perusahaan dengan karyawan dan mitra bisnis yang selalu berkomitmen untuk menciptakan budaya kerja yang aman, nyaman dan sehat.

Factory Director Danone SN Indonesia West Perayaan Arif Sosiawan mengatakan pencapaian 6 ribu hari tanpa kecelakaan kerja dilakukan dengan berbagai kegiatan internal yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja, diantaranya kompetisi yang berkaitan dengan keselamatan kerja juga kegiatan pemeriksaan kesehatan.

“Pencapaian 6 ribu hari tanpa kecelakaan kerja juga membawa tanggung jawab yang lebih besar dan menuntut kita untuk terus meneruskan apa yang bagus dan tetap berhati-hati dengan risiko apa yang mungkin dihadapi,” ungkapnya.

Arif menambahkan bahwa keselamatan kerja menjadi poin penting dan utama yang akan terus diprioritaskan untuk mewujudkan tempat kerja yang sehat, aman, dan produktif.

Sentul Factory Danone SN Indonesia juga melakukan verifikasi sistem manajemen K3 oleh pihak ketiga independen. Hal ini juga sejalan dengan misi yang ingin dicapai di Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diadakan setiap tahun, yaitu untuk mempromosikan, menciptakan kesadaran dan menciptakan budaya kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.

Program, inisiatif, dan pencapaian yang didapat Sentul Factory Danone SN Indonesia juga mendapatkan pengakuan dari pihak eksternal, dimana Sentul Factory berhasil meraih 'Zero Accident Award' yang diadakan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia juga berhasil mendapatkan Platinum Award dari 'World Safety Organization' dalam empat tahun berturut-turut sejak 2021 hingga 2024.

Baca juga: Menaker resmi meluncurkan Program K3 Nasional 2024-2029

Baca juga: Teknologi dan budaya dalam implementasi K3

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024