Sejak UNJ mendirikan program doktor dari tahun 1999 sampai dengan hari ini, itu doktornya sudah 5.800 dari seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jenderal TNI (Purn) Wiranto mengukuhkan Pengurus Ikatan Doktor Alumni Universitas Jakarta (IKADA UNJ) 2024 di Jakarta, Sabtu.
 
Dalam arahannya, Wiranto mengingatkan 5.800 alumni yang tergabung dalam IKADA UNJ itu agar terus menjaga nama baik universitas dan memberikan sumbangsih terbaik bagi Indonesia.
 
"Jangan sampai mencoreng nama universitas," kata Wiranto yang juga merupakan Ketua Dewan Pakar IKADA UNJ itu.
 
Pengukuhan tersebut ditandai dengan penyematan pin tanda anggota IKADA UNJ kepada Inisiator sekaligus Ketua Umum (Ketum) IKADA UNJ 2024 Dr. Drs. Mukhtadi, M.M.
 
Berikutnya, Wiranto juga menyampaikan bahwa dirinya meyakini IKADA UNJ mampu memberikan kontribusi yang positif bagi bangsa dan negara Indonesia, terutama dalam mewujudkan visi Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045 mendatang atau Indonesia Emas 2045.
 
"Saya melihat semangat yang mereka miliki sungguh luar biasa, semangat untuk terus bersama-sama dengan institusi, membangun negeri yang kita cintai. Tantangan ke depan sangat berat, tetapi saya yakin dengan kebersamaan kita, terutama IKADA ini akan paling sedikit bisa memberikan sumbangsih kepada negeri ini dalam mencapai Indonesia Emas 2045," ucapnya.

Baca juga: KAHMI: Doktor alumni HMI harus tumbuhkan iklim intelektualisme
Baca juga: Pemprov tantang alumni IPB rumuskan konsep pengembangan pertanian
 
Terkait dengan IKADA UNJ, Mukhtadi menyampaikan bahwa ikatan alumni tersebut didirikan pada 2 Mei 2024 atau bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Pendirian IKADA UNJ pun dimuat dalam Keputusan Direktur Pascasarjana UNJ Nomor:907/SP/PS/2024.

Dia lalu menjelaskan latar belakang pendirian IKADA UNJ adalah untuk menghimpun alumni doktor itu agar dapat memberikan beragam kontribusi bagi bangsa Indonesia.
 
"Sejak UNJ mendirikan program doktor dari tahun 1999 sampai dengan hari ini, itu doktornya sudah 5.800 dari seluruh Indonesia. Tersebar. Mereka sudah ada di posisi puncak, di pemerintahan, swasta, politik maupun lembaga lainnya. Itu orang-orang hebat semuanya, tapi sayang kalau tidak dihimpun. Untuk itu, pada 2 Mei 2024, kami menginisiasi IKADA UNJ," ucap dia.
 
Mukhtadi berharap pendirian IKADA UNJ mampu benar-benar memastikan Indonesia menjadi bangsa dan negara yang diharapkan oleh para pendiri bangsa.
 
"Insya Allah, IKADA UNJ nanti akan memberikan kontribusi yang positif kepada bangsa dan negara sehingga arah kehidupan berbangsa dan bernegara nanti lurus, tidak seperti sekarang, belok kanan, belok kiri, hajar kanan, hajar kiri," ucap dia.

Baca juga: Dr Bambang Sujagad, MM terpilih ketum Ikacana UNJ
Baca juga: HAE IPB sampaikan usulan strategis pembangunan kehutanan berkelanjutan

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024