Jenin, Tepi Barat, Palestina (ANTARA) - Keluarga-keluarga Palestina pada Jumat malam mengungsi dari lingkungan timur Jenin di bagian utara Tepi Barat akibat operasi militer Israel yang sedang berlangsung.

Operasi ini, yang telah berlangsung selama tiga hari, menyebabkan penderitaan besar dan pengungsian di kalangan warga setempat.

Beberapa pengungsi dari lingkungan timur, tempat operasi militer terkonsentrasi, berbagi pengalaman mereka dengan Anadolu, mengatakan bahwa mereka meninggalkan rumah mereka karena operasi Israel dan kurangnya pasokan makanan serta air.

Jaber Abu Raih, seorang warga Palestina yang berjalan bersama istri dan anak-anaknya, mengatakan: "Tentara Israel menyerbu rumah kami, membawa peralatan, makanan, dan segala sesuatu yang mereka butuhkan, mengubah rumah kami menjadi pos militer."

Dia menambahkan: "Tentara mengatakan kepada kami untuk 'mencari tempat lain; ini akan menjadi cobaan yang panjang.'"

Menggambarkan kondisi di lingkungan timur, Abu Raih berkata: "Kerusakannya sangat luas, tentara sedang melancarkan perang sungguhan. Warga ditinggalkan tanpa makanan, obat-obatan, atau air."

Dia menyebutkan bahwa dia melarikan diri bersama keluarganya dengan berjalan kaki dan berjalan sekitar satu jam menuju tujuan yang tidak diketahui.

Abu Raih adalah salah satu dari beberapa keluarga, termasuk wanita, anak-anak, dan orang tua, yang mengungsi dari Jenin timur untuk menghindari operasi militer Israel.

'Pasukan Israel Menghalangi Pergerakan Ambulans'

Pada hari sebelumnya, Palang Merah Palestina dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa tim mereka menghadapi "kesulitan besar dalam merespons panggilan bantuan dari warga yang terjebak di kota Jenin dan kampnya selama tiga hari berturut-turut, karena pasukan Israel menghalangi pergerakan ambulans."

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa tim mereka, selain memberikan pertolongan pertama kepada yang terluka dan sakit serta mengangkut jenazah, juga berusaha memenuhi kebutuhan warga yang memerlukan obat-obatan, susu bayi, popok, atau pasokan makanan yang telah habis karena blokade ketat yang diberlakukan oleh pasukan Israel di daerah tersebut.

Militer Israel melancarkan operasi besar-besaran di kota-kota di utara Tepi Barat seperti Tulkarem, Jenin, dan Tubas pada Rabu pagi, yang digambarkan sebagai yang "terbesar" sejak tahun 2002.

Pada Kamis malam, militer telah mundur dari Tulkarem dan kamp Al Fara di Tubas, meninggalkan kehancuran yang cukup besar.

Pada Jumat, Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan bahwa jumlah korban tewas di Tepi Barat bagian utara sejak Rabu pagi telah meningkat menjadi 20 orang.

Ketegangan meningkat di seluruh Tepi Barat yang diduduki di tengah serangan brutal Israel di Jalur Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.600 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, sejak 7 Oktober tahun lalu.

Setidaknya 673 warga Palestina telah tewas, hampir 5.400 lainnya terluka, dan lebih dari 10.300 ditangkap di wilayah yang diduduki, menurut angka Palestina.

Dalam sebuah opini bersejarah pada 19 Juli, Mahkamah Internasional menyatakan bahwa pendudukan tanah Palestina oleh Israel selama puluhan tahun adalah ilegal dan menuntut evakuasi semua pemukiman di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Sumber : Anadolu-OANA
Baca juga: Serangan Israel di Tepi Barat bagian dari rencana menguasai Palestina
Baca juga: Tiga hari berturut-turut tentara Israel serang Jenin
Baca juga: Dua warga Palestina tewas akibat serangan udara Israel di Jenin


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024