Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) turut memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal binaan dalam ajang pameran Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) Yogyakarta 2024.

Direktur SDM Pertamina Erry Sugiharto dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengungkapkan SMEXPO merupakan salah satu program strategis bidang tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan, yang fokus dalam pemberdayaan UMKM.

"Untuk menggali potensi yang dimiliki seluruh UMKM binaan Pertamina, Pertamina SMEXPO 2024 kali ini mengusung tema 'Lokal jadi VOKAL', sebagai langkah meningkatkan kualitas UMKM baik produk, pengelolaan bisnis, hingga jaringan pemasaran, sehingga UMKM lokal dapat diakui sebagai pelaku bisnis berdaya saing tinggi di lingkup nasional maupun global," ujarnya.

Sebanyak 30 lapak UMKM kerajinan lokal dan jajanan tradisional yang telah dikurasi itu, dihadirkan dalam Pertamina SMEXPO Yogyakarta 2024, yang telah memasuki tahun ke-5 itu di kawasan Plaza Ngasem, Kraton, Yogyakarta.

Produk-produk ramah lingkungan juga dipamerkan termasuk furnitur dari pelepah pisang milik Agromina Fiber, aksesoris daur ulang sampah Sawokecik, abon dari bahan nabati Abon Daun Emas, dan kain ecoprint Kulia Inspiration.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto dalam sambutan pembukaan SMEXPO 2024, Jumat (30/8/2024), mengucapkan terima kasih kepada Pertamina melalui Pertamina Foundation yang telah memberikan dukungan bagi UMKM daerah.

"Kota Yogyakarta kaya akan potensi ekonomi kreatif dan merupakan kota seni budaya, pariwisata, heritage, dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Dengan SMEXPO ini harapannya, dapat memperkenalkan sentra industri kecil pada masyarakat luas dan meningkatkan kualitas dan promosi produk agar lebih inovatif dan berkualitas ekspor," sebutnya.

Acara pembukaan SMEXPO Yogyakarta 2024 dimeriahkan talkshow "UMKM Naik Kelas" dengan mendatangkan pemilik sambal Bu Rudy yakni Lanny Suswadi, Manager SMEPP Pertamina Dewi Sri Utami dan Direktur Operasi Yulius S Bulo.

Dewi mengatakan Pertamina memiliki beragam program pembinaan UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi UMKM, seperti UMK Academy dan PFpreneur.

Selain talkshow, para pengunjung Pasar Ngasem juga mengikuti workshop ecoprint yang diisi Juni Noor Hastuti dari Matahari Craft.

Untuk workshop lainnya akan diadakan pada hari kedua dan ketiga pameran yakni workshop fluppy bag, rangkai bunga dalam vas, dan karya seni keramik.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari berharap SMEXPO Yogyakarta 2024 dapat menambah daya tarik Plaza Ngasem dengan pemberdayaan UMKM lokal lewat pameran dan business matching.

"Sebagai kota kedua dari rangkaian pameran Pertamina SMEXPO 2024 yang rencananya akan diselenggarakan di enam kota Indonesia, Yogyakarta dipilih karena keistimewaannya yang senantiasa dirindukan dan nuansa yang kaya budaya tradisional. Melalui 30 UMKM yang telah dikurasi, Pertamina bersama Pertamina Foundation dan PT Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah (JBT) berharap dapat menampilkan produk-produk unggulan khas Jogja, yang siap diperkenalkan ke pasar nasional maupun global sesuai slogan Pertamina SMEXPO 2024 yakni 'Lokal jadi VOKAL'," jelasnya.

Agus juga menambahkan penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi (SoBI) dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Negeri Yogyakarta, juga terlibat dalam penyelenggaraan SMEXPO Yogyakarta selama tiga hari tersebut.

"Dengan melibatkan SoBI, mereka akan mengenal dan harapannya bisa meneruskan semangat pemberdayaan UMKM yang dimiliki Pertamina serta mencintai produk lokal," ujarnya.

Pertamina SMEXPO merupakan wujud kontribusi Pertamina secara konsisten terhadap pembinaan dan pengembangan UMKM mendukung pencapaian sustainable economy, yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Pilar 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.
Baca juga: Pertamina-Kemenparekraf menggelar temu bisnis KENAROK X SMEXPO

Baca juga: Menkop UKM berharap Pertamina terus dukung pengembangan UMKM

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024