Amman, Yordania (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi dan Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi pada Jumat (30/8) membahas upaya gencatan senjata di Gaza serta eskalasi Israel di Tepi Barat bagian utara yang diduduki.

Menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Yordania, kedua diplomat senior tersebut berbicara melalui telepon dan membahas perkembangan regional, termasuk perang Israel di Gaza dan eskalasi berbahaya Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Pernyataan tersebut mengutip Safadi yang menekankan bahwa menghentikan agresi Israel di Gaza adalah langkah pertama untuk mencegah penyebaran "perang regional total."

Selain perang dahsyat Israel di Gaza, pada Rabu, tentara Israel memulai operasi militer besar di Tepi Barat bagian utara yang diduduki, yang sejauh ini telah menewaskan 20 warga Palestina dan menyebabkan tingkat kehancuran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Iran dan kelompok Hamas Palestina menuduh Israel bertanggung jawab atas pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, pada 31 Juli, meskipun Tel Aviv belum mengkonfirmasi atau menyangkal keterlibatan.

Israel terus melanjutkan serangan di Jalur Gaza setelah serangan oleh kelompok Hamas pada 7 Oktober, meskipun resolusi Dewan Keamanan PBB menyerukan gencatan senjata segera.

Serangan tersebut telah menyebabkan lebih dari 40.600 kematian warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, serta lebih dari 93.800 orang terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade yang terus berlanjut di Gaza telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, sehingga sebagian besar wilayah tersebut berada dalam kehancuran.

Israel menghadapi tuduhan genosida di Pengadilan Internasional, yang telah memerintahkan penghentian operasi militer di kota Rafah bagian selatan, di mana lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan sebelum wilayah tersebut diinvasi pada 6 Mei.

Sumber : Anadolu-OANA
Baca juga: Serangan Israel di Tepi Barat bagian dari rencana menguasai Palestina
Baca juga: Sebanyak 10 jasad ditemukan usai tentara Israel mundur dari Jalur Gaza
Baca juga: AS tolak gagasan pemindahan massal warga Palestina dari Tepi Barat


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024