Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa politik terjadi sepanjang Jumat (31/8). Dari mulai keputusan Anies membangun partai hingga isu beredarnya susunan kabinet Prabowo-Gibran di media sosial.

Berikut rangkuman berita politik yang telah dirangkai ANTARA.

1. Anies Baswedan akan bentuk partai baru setelah gagal di Pilkada 2024
Jakarta (ANTARA) - Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan membentuk ormas atau partai baru setelah dirinya tidak lagi terlibat dalam kontestasi Pilkada 2024.

"Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar dan itu jadi sebuah kekuatan diperlukan jadi gerakan maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," kata Anies dalam video live streaming yang disiarkan dalam akun Youtubenya, Jumat.
Baca di sini


2. Ketua DPR yakini IAPF tingkatkan nilai tambah hubungan RI-Afrika

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meyakini Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF) yang akan dihelat di Bali pada 31 Agustus-2 September 2024 dapat meningkatkan nilai tambah bagi hubungan Indonesia dengan negara-negara Afrika.

“Saya yakin, pertemuan IAPF dapat memberi ‘nilai tambah’ dalam hubungan negara-negara Afrika dengan Indonesia,” kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.
Baca di sini


3. Mendagri minta TP PKK jaga netralitas pada Pilkada Serentak 2024

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk menjaga netralitas pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Hal ini untuk mewujudkan pemilihan yang bersih dan bebas intervensi.

“Hati-hati, jangan sampai nanti PKK dibawa ikut dalam politik praktis,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.
Baca di sini


4. Pesan Prabowo di Rapimnas: Kader Gerindra jangan jumawa

Kabupaten Bogor (ANTARA) - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meminta kepada kader partainya tidak jumawa berhasil memenangkan kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa pernyataan Prabowo tersebut diungkapkan dalam pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Baca di sini


5. Gerindra jawab soal susunan kabinet Prabowo-Gibran beredar di medsos

Kabupaten Bogor (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menjawab soal susunan kabinet Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang banyak beredar di media sosial (medsos).

Muzani yang ditemui usai pembukaan Rapimnas Gerindra di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, tidak membantah juga tidak membenarkan susunan kabinet yang beredar itu.

Baca di sini

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024