Tangerang (ANTARA) - Maskapai Indonesia AirAsia memperluas jaringannya ke Asia dengan membuka rute penerbangan langsung ke Hong Kong setiap harinya dari Bali mulai tanggal 1 Oktober 2024 dan dari Jakarta tanggal 8 Oktober 2024.

Head of Indonesia Affairs and Policy Indonesia AirAsia Eddy Krismeidi di Tangerang Sabtu mengatakan pembukaan rute secara langsung ini menjadi bukti komitmen Indonesia AirAsia dalam meningkatkan konektivitasnya ke negara-negara di Asia lainnya.

"Pembukaan rute ke Hong Kong ini juga membuka peluang bagi Indonesia AirAsia untuk membawa lebih banyak penumpang menjelajahi daratan Cina secara langsung,” kata Eddy di Tangerang Sabtu.

Ia menambahkan Hong Kong dipilih karena selalu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Indonesia untuk liburan, berbelanja, maupun urusan bisnis.

Dengan peluncuran rute baru ini, Indonesia AirAsia berharap dapat mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menarik lebih banyak wisatawan dari Hong Kong untuk berkunjung serta mengeksplorasi kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Indonesia.

"Rute baru ini dipercaya akan semakin mempererat hubungan pariwisata antara kedua destinasi dan memberikan pengalaman berharga bagi para penumpang," katanya.

Regional Director SEA Hong Kong Tourism Board yakni Liew Chian Jia menambahkan pihaknya sangat antusias atas dibukanya rute penerbangan langsung dari Jakarta dan Bali ke Hong Kong oleh Indonesia AirAsia.

Langkah ini akan semakin mempermudah wisatawan Indonesia untuk menikmati berbagai pengalaman dan daya tarik yang unik di Hong Kong serta memperkuat hubungan pariwisata antara kedua destinasi.

"Hong Kong memiliki segalanya, mulai dari keindahan alam, kuliner kelas dunia, hingga warisan budaya yang kaya. Kami berharap dapat menyambut lebih banyak wisatawan dari Indonesia, memperkenalkan pesona Hong Kong, dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan selama kunjungan mereka,” katanya.

Berdasarkan data dari Hong Kong Tourism Board (HKTB), jumlah wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong dari bulan Januari hingga Juli 2024 mengalami lonjakan signifikan sebesar 76,2 persen mencapai 208.000 kunjungan dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 118.000 kunjungan.

Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) menunjukkan bahwa sepanjang Januari hingga Juni 2024, wisatawan mancanegara dari Hong Kong ke Indonesia telah mencapai 13,673 kunjungan, hampir 98,5 persen dari total kunjungan tahun 2023 yang berjumlah 13,885.

"Dengan peluncuran penerbangan langsung dari Jakarta dan Bali ke Hong Kong oleh Indonesia AirAsia, diharapkan angka kunjungan dari kedua negara ini akan terus meningkat hingga akhir tahun 2024," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024