Saya percaya Asia Tenggara merupakan kawasan sangat penting bagi industri kripto secara global khususnya Indonesia yang bisa menjadi pemain kunci.....
Jakarta (ANTARA) - Salah satu perusahaan aplikasi kripto menyebut Indonesia bisa menjadi pemain kunci pasar kripto yang menonjol di Asia Tenggara, karena didukung pertumbuhan jumlah investor yang mencapai 20 juta orang, hingga nilai transaksi melejit dalam enam bulan terakhir.

“Saya percaya Asia Tenggara merupakan kawasan yang sangat penting bagi industri kripto secara global khususnya Indonesia yang bisa menjadi pemain kunci yang menonjol di Asia Tenggara, karena didukung dengan banyak faktor positif, di antaranya jumlah investor kripto yang mencapai 20 juta orang hingga nilai transaksi dalam enam bulan terakhir mencapai 20 juta dolar AS," kata Chief Marketing Officer (CMO) PT Pintu Kemana Saja (Pintu), aplikasi crypto all-in-one, Timothius Martin, dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Martin menyampaikan hal tersebut dalam Indonesia Coinfest Asia 2024 pada sesi Asian Exchanges Shaping the Global Crypto Scene.

Menurut dia, angka tersebut sangat besar yang disumbang dari satu negara saja.

Karena itu, ujarnya lagi, pasar kripto di Asia Tenggara punya potensi yang besar karena didukung oleh regulasi yang ramah, sehingga membuat penggunanya bisa berinvestasi dengan aman.

Dia mengatakan Indonesia juga menjadi negara yang tanggap dalam mengatur perdagangan aset kripto dengan berbagai regulasi yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Berjangka Perdagangan Komoditi (Bappebti), di antaranya aturan yang mengkategorikan bahwa aset kripto diakui sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka, aturan tentang deretan aset kripto yang diizinkan untuk diperdagangkan, hingga peluncuran lembaga Self-Regulatory Organizations (SRO) yang diresmikan oleh Bappebti untuk mengawasi perdagangan para pelaku usaha kripto agar dapat berlangsung dengan aman dan transparan.

“Kerangka regulasi yang jelas dari Bappebti, hingga dukungan infrastruktur berbagai mitra dari bank-bank besar menjadikan industri kripto dalam negeri dapat tumbuh dengan baik. Saya meyakini juga, adopsi kripto yang sekarang baru mencapai tujuh persen dari total jumlah populasi ini akan terus tumbuh karena potensinya masih sangat besar. Untuk mendukung peningkatan tersebut, kami akan fokus mengedukasi pasar domestik melalui platform aplikasi kripto all-in-one yang bisa digunakan untuk belajar menjelajahi dunia kripto,” kata Timo.

Pintu menjadi perusahaan berbasis teknologi blockchain yang menghadirkan fitur investasi kripto lengkap di Indonesia. Tiga fitur utamanya, antara lain aplikasi Pintu yang fokus pada investor pemula di dalamnya juga banyak fitur menarik, seperti Pintu Earn, Limit Order, dan Auto Dollar-Cost Averaging (DCA).

Fitur kedua adalah Pintu Web3 Wallet sebuah wallet crypto yang memberikan kemudahan akses ke berbagai aset kripto, mengoleksi non-fungible token (NFT), berinteraksi ke beragam Decentralized Applications (dApps), platform Decentralized Finance (DeFi), hingga Decentralized Exchange (DEX). Fitur ketiga yang terbaru adalah Pintu Pro dengan advanced fitur bagi trader Pro.

Coinfest Asia 2024 dihadiri dari berbagai negara, seperti negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

"Saya melihat terdapat antusias dan minat yang besar untuk belajar tentang pasar kripto di Asia Tenggara ini, yang memiliki banyak sekali keunikan dan use-cases crypto yang dapat dikembangkan, seperti krypto remittance dan industri game," kata dia pula.
Baca juga: Upbit: Derivatif kripto berperan penting dalam diversifikasi pasar
Baca juga: Indodax: Pasar kripto punya daya tarik kuat di kalangan investor


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024