Jakarta (ANTARA) - Fredy Setiawan dan Leani Ratri Oktila mengamankan kemenangan pada pertandingan pertama para bulu tangkis nomor tunggal putra dan tunggal putri SL4 Paralimpiade Paris 2024, yang digelar di La Chapelle Arena, Kamis.

Freddy menang dua set langsung, 21-12 dan 24-22, melawan wakil Nigeria, Chigozie Jeremiah Nnanna, pada babak penyisihan Grup C tunggal putra SL4.

Sementara atlet para bulu tangkis putri andalan Indonesia, Leani Ratri Oktila, berhasil memetik kemenangan atas Palak Kohli dari India lewat pertandingan tiga set Grup C tunggal putri SL4.

Leani yang tertinggal di set pertama dengan skor 18-21, berhasil bangkit dan meraih kemenangan pada dua set berikutnya 21-5 dan 21-13.

Baik Freddy maupun Leani masih harus melakoni satu pertandingan lagi di masing-masing grup untuk melanjutkan perjuangan di babak selanjutnya.

Leani akan menghadapi Milena Surreau, atlet tim tuan rumah Prancis, pada Sabtu (31/8) petang. Peraih dua medali emas di Paralimpiade Tokyo 2020 itu hampir dipastikan lolos ke babak perempat final karena unggul selisih poin yang jauh dari lawannya yang berada di peringkat tiga Grup C. Meskipun kalah dengan skor tipis, Leani akan tetap lolos ke babak gugur.

Begitu juga dengan Freddy yang masih harus bertanding dalam babak grup melawan Marcel Adam dari Jerman besok sore. Freddy Setiawan wajib mengamankan kemenangan agar bisa lolos ke babak semifinal tunggal putra SL4.

Baca juga: Hikmat Ramdani-Leani Ratri Oktila awali Paralimpiade dengan mulus

Wakil Indonesia lainnya di tunggal putra SL4, Hikmat Ramdani, dipastikan gagal lolos ke babak semifinal lantaran Suhas Lalinakere Yathiraj dari India sudah menjadi juara Grup A berkat dua kemenangan. Langkah Ramdani akan terhenti di nomor tunggal putra meskipun menuai kemenangan dalam laga terakhirnya di Grup A melawan Kyung Hwan Shin dari Korea Selatan.

Sedangkan Khalimatus Sadiyah yang turun di nomor pertandingan yang sama dengan Leani, masih memiliki kesempatan untuk lanjut ke babak perempat final meski telah menelan satu kekalahan di pertandingan fase Grup B tunggal putri SL4.

Sadiyah wajib meraih kemenangan melawan Faustine Noel dari Prancis besok petang, agar bisa menempati posisi kedua klasemen grup yang menjadi syarat minimal melaju ke babak perempat final.

Baca juga: Para bulu tangkis berpotensi raih lima medali di Paralimpiade Paris

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024