Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat menyediakan posko tanggapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) bagi masyarakat yang hendak memeriksa status kepemilihannya untuk Pilkada DKI Jakarta 2024 dalam kegiatan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (1/9) lusa.

Ketua KPU Jakarta Barat Endang Istiani mengatakan pihaknya membuka stan yang menyediakan beragam informasi mengenai Pilkada DKI Jakarta mulai pukul 06.00 WIB. 

"Jadi kami bakal ada di Car Free Day di Bundaran HI, tepatnya di depan Hotel Mandarin, jam 06.00 WIB sampai selesai," kata Endang dihubungi di Jakarta, Jumat.

Selain itu, akan ada posko tanggapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) bagi masyarakat yang hendak memeriksa status kepemilihannya.

Endang mengingatkan masyarakat untuk memeriksa data pemilih apakah sudah terdaftar atau belum melalui laman cekdptonline.kpu.go.id. 

"Ada posko juga (di CFD nanti), kalau ada yang belum terdaftar, boleh kami daftarkan," katanya. 

Endang menyebut KPU masing-masing wilayah kota mendapat giliran untuk bisa hadir di tengah masyarakat dan mensosialisasikan perhelatan Pilkada pada 27 November nanti. Adapun KPU Jakbar mendapat giliran pada Minggu (1/9) mendatang, 

"Nanti di situ ada sosialisasi, terus nanti ada memperkenalkan maskot KPU DKI, terus nanti ada doorprize (hadiah), senam, intinya memperkenalkan ke masyarakat di Car Free Day adanya Pilkada 27 November nanti," katanya. 

Baca juga: KPU buka posko tanggapan DPS di 56 kelurahan Jakbar

Sebelumnya, Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat menyebut terdapat 1.915.925 pemilih hasil pleno rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan daftar pemilih sementara (DPS) tingkat kota.

"Hari Minggu (11/8) kemarin KPU Jakbar sudah melaksanakan pleno DPS sudah melaksanakan pleno tingkat tingkat kota, hasilnya ada 1.915.925 pemilih," kata Katua KPU Jakbar, Endang Istianti saat ditemui di Jakarta pada Selasa (13/8).

Endang melanjutkan bahwa dari jumlah pemilih tersebut, terdapat 949.932 pemilih wanita dan 962.993 pemilih pria.

"Jadi jumlahnya 1.915.925 pemilih kan, itu ada 949.932 pemilih wanita dan 962.993 pemilih pria," kata Endang melanjutkan.

Endang mengungkapkan bahwa jumlah pemilih tersebut merupakan hasil akhir pleno setelah adanya 87.673 pemilih baru, 98.040 pemilih yang tidak memenuhi syarat dan 61.895 yang melakukan perbaikan data pemilih.

"Jadi hasilnya ada 1.915.925 pemilih," tutur Endang.

Baca juga: KPU Jakbar mencatat ada 76 pemilih baru di tiga kecamatan
Baca juga: KPU Jakbar siapkan posko tanggapan pastikan masyarakat masuk DPT


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024