Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki meminta adanya pengembangan langkah strategis guna meningkatkan manfaat dana wakaf di Indonesia.
 
"Pengembangan program strategis perlu dilakukan, agar wakaf tidak hanya berfungsi sebagai kegiatan keagamaan, tapi juga motor penggerak ekonomi umat," kata Saiful dalam acara Malam Puncak Peringatan Hari Lahir (Harlah) Badan Wakaf Indonesia (BWI) ke-17 di Jakarta, Jumat.
 
Saiful mengatakan Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah umat Muslim terbanyak di dunia memiliki potensi yang besar dalam pemanfaatan dana wakaf untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Ia menyebut potensi wakaf uang Indonesia yang mencapai Rp180 triliun harus terus digali untuk dapat menciptakan manfaat yang lebih banyak lagi.

Baca juga: Wamenag dorong upaya modernisasi tata kelola wakaf Indonesia oleh BWI

Baca juga: BWI utamakan kredibilitas lembaga dalam pengelolaan wakaf
 
"Sehingga kemaslahatan dan kebermanfaatannya akan bisa dirasakan oleh banyak umat Islam, khususnya di Indonesia," ujarnya.
 
Saiful juga mengatakan sekitar 100 juta kelas menengah di Indonesia dapat didorong untuk tidak hanya bisa mewujudkan kesalehan individu, namun juga kesalehan sosial.
 
Hal tersebut, menurut dia, dapat menjadikan masyarakat menemukan titik tengahnya, di mana yang kaya bisa membantu yang miskin, dan yang miskin bisa terbantu oleh yang kaya.
 
"Sehingga dengan potensi yang ada mudah-mudahan akan bisa menunjang program strategis nasional, seperti mengentaskan kemiskinan, stunting, dan lain sebagainya dengan potensi wakaf yang akan terus digali," ucapnya.
 
Senada dengan Wamenag, Ketua BWI Kamaruddin Amin juga mengatakan wakaf tidak hanya merupakan bentuk ibadah, namun wakaf juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sosioekonomi masyarakat, sehingga dapat meminimalisasi ketimpangan sosial yang terjadi.
 
"Coba Anda bayangkan seratus juta orang kelas menengah di Indonesia berwakaf setidaknya Rp20.000,- saja setahun, itu potensinya sangat besar sekali," tutur Kamaruddin Amin.*

Baca juga: BWI serukan Gerakan Indonesia Berwakaf dalam peringatan Harlah ke-17

Baca juga: Kemenag paparkan upaya filantropi zakat dan wakaf Indonesia pada IF20

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024