Hulu Sungai Tengah, Kalsel (ANTARA) - Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), dinobatkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai daerah pembangunan lingkungan berkelanjutan dan kesejahteraan sosial.

“Kabupaten Hulu Sungai Tengah menjadi satu-satunya kabupaten yang menerima apresiasi dari KLHK atas keberhasilan daerah dengan kategori pembangunan lingkungan berkelanjutan dan kesejahteraan sosial,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Jumat.

Baca juga: Pemkab HST raih penghargaan pelayanan publik peringkat enam nasional

Dia mengungkapkan penghargaan ini sebagai apresiasi atas perilaku masyarakat di Hulu Sungai Tengah yang berkomitmen mencintai lingkungan secara berkelanjutan karena tidak melakukan perusakan lingkungan dalam berbagai aktivitas pembangunan.

"Alhamdulillah, penghargaan ini akan menjadi penyemangat Pemkab HST untuk tetap menjaga lingkungannya dengan menciptakan pembangunan yang berkelanjutan yang tidak merusak alam sekitar,” ucapnya.

Menurut dia, upaya menjaga alam merupakan langkah untuk mewariskan dan menyelamatkan alam untuk kehidupan generasi masa mendatang dengan menyiapkan lingkungan yang sustainable.

Baca juga: Bupati HST ajak ASN jaga tradisi tanam pohon untuk kelestarian Meratus

Aulia berharap apa yang telah dilakukan Pemkab HST ini menjadi perhatian pemerintah provinsi dan pusat bahwa masyarakat Kabupaten HST sangat memprioritaskan pelestarian alam dari segala bentuk aktivitas perusakan. Penghargaan tersebut diterima Bupati HST pada acara Lestari Summit 2024 di Jakarta.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen melestarikan lingkungan melalui berbagai inovasi dan kreativitas.

Menurut dia, pemerintah memerlukan tindakan yang berani dan segera dalam skala besar untuk menyeimbangkan kembali hubungan manusia dengan alam.

Baca juga: Pemkab HST tanam pohon di tebing guna cegah bencana

“Mari membangun untuk Bangsa Indonesia dan peradaban umat manusia, seperti capaian yang telah dibuktikan oleh para penerima penghargaan lingkungan. Saya ucapkan selamat kepada penerima penghargaan pada bidang masing-masing, terima kasih atas peran pemerintah daerah,” ujarnya.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024