Abang None Jakarta diharapkan mampu menjadi bagian dari kekuatan kota untuk menggali potensi-potensi baru Jakarta pada aspek Pariwisata dan Industri kreatif ke depan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan 18 pasang muda-mudi (36 orang) yang lolos sebagai finalis pemilihan Abang None Jakarta 2024.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan ke-36 finalis ini menjadi wakil dari lima kota administrasi Jakarta serta Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang telah melalui seleksi ketat. Adapun kompetisi tahun ini diikuti sebanyak 1.124 orang pendaftar.

Seluruh finalis Abang None 2024 akan menjalani masa pembekalan dari berbagai narasumber mulai 3 September sampai 13 September 2024. Mereka mendapatkan berbagai materi selama masa pembekalan yakni, kebudayaan Betawi, pemerintahan, kepariwisataan, ekonomi kreatif, seni berkomunikasi lisan, dan acara industri.

Mereka selanjutnya menjalani rangkaian acara sebelum agenda puncak atau fase kualifikasi (preliminary competition) pada 14 September 2024 dengan tahapan pidato dan peragaan busana, diikuti tahap penjurian pada 15 September 2024.

Puncak acara Malam Final Abang None Jakarta Tahun 2024 dijadwalkan berlangsung pada 20 September 2024 di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan.

Andhika berpendapat pemilihan Abang None Jakarta tidak hanya sekadar kontes, melainkan sebuah upaya pelestarian kebudayaan Betawi yang diintegrasikan dengan pembinaan generasi muda di bidang potensi, bakat, kreativitas dan kecerdasan.

“Abang None Jakarta diharapkan mampu menjadi bagian dari kekuatan kota untuk menggali potensi-potensi baru Jakarta pada aspek Pariwisata dan Industri kreatif ke depan karena kami meyakini potensinya masih sangat besar,” kata dia.

Dia menuturkan pemilihan Abang None Jakarta 2024 bertujuan melestarikan kebudayaan Betawi dan sebagai sarana pengembangan potensi, bakat, kreatifitas, serta kecerdasan para generasi muda untuk mempromosikan kota Jakarta kepada wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Menurut dia, Jakarta sebagai pusat ekonomi Indonesia yang bertaraf global, memerlukan duta yang piawai dalam pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif. Di sini, imbuh dia, Abang None Jakarta memiliki peran strategis dalam memperkuat identitas Jakarta di kancah global, serta berkontribusi dalam pengembangan pariwisata dan industri kreatif.

“Selain unggul dalam Intelegensia dan akademik, kami juga mengharapkan Abang None Jakarta menjadi sosok yang memiliki attitude dan empati, mampu berorganisasi dan memiliki tanggung jawab baik untuk pribadi maupun sosial,” ujar Adhika.

Pemilihan Abang None Jakarta telah melahirkan banyak tokoh yang berhasil di berbagai bidang, termasuk Maudy Koesnaedi, Indra Bekti dan Valerina Daniel. Tahun ini, pemilihan ini diharapkan dapat kembali melahirkan duta-duta baru yang dapat membawa nama baik serta menginspirasi generasi muda Jakarta dalam mengembangkan kebudayaan dan pariwisata.

“Kami juga berharap para Finalis Abang dan None Jakarta dapat memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya dan berkompetisi secara elegan, fair, disiplin, penuh semangat disertai sportivitas yang tinggi,” kata Andhika.
Baca juga: DKI cari muda-mudi untuk kampanyekan olahragadan wisata olahraga
Baca juga: Jakpus tetapkan 15 pasangan finalis Abang-None 2024
Baca juga: Pemkot Jakpus seleksi Abang None 2024 jadi 30 orang untuk pembinaan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024