Shenyang (ANTARA) - Produsen otomotif Jerman, BMW Group, akan mempercepat pengembangan teknologi kemudi otonomos dengan fasilitas-fasilitas baru yang bakal diluncurkan tahun ini di pusat penelitian dan pengembangan (litbang) milik perusahaan tersebut yang ada di Shenyang, ibu kota Provinsi Liaoning, China timur laut.

Pusat litbang Shenyang berencana akan membuka pusat pemrosesan data kemudi otonomos dan workshop uji coba kemudi otonomos pada September dan Desember tahun ini, kata BMW Group.

Pusat pemrosesan data tersebut akan secara efisien membantu memproses data uji coba kemudi otonomos, sementara workshop uji coba kemudi otonomos terutama akan memvalidasi fungsi kemudi otonomos untuk model-model lokal baru.

Tim litbang China akan memperluas peluang dan batasan teknologi kemudi otonomos serta mendorong realisasi teknologi kemudi otonomos pada tingkat yang lebih tinggi, kata produsen otomotif tersebut.

Wakil Presiden Pusat Litbang BMW Brilliance Patrick Mueller mengatakan bahwa ke depannya, BMW Brilliance Automotive Ltd. akan memperkuat kerja sama dengan Shenyang di beberapa area, seperti pengujian kendaraan, berbagi informasi, serta perumusan kebijakan dan regulasi kemudi otonomos.

Fasilitas BMW di Shenyang, yang menggabungkan fungsi litbang dan produksi, merupakan basis produksi terbesar milik produsen mobil Jerman itu di seluruh dunia, sekaligus salah satu basis kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) terpenting BMW.

Dengan pusat litbang di Beijing, Shanghai, Shenyang, dan Nanjing, BMW memiliki jaringan litbang terbesar di China, selain yang ada di Jerman. Pusat litbang Shenyang berfokus pada integrasi dan validasi teknologi mobilitas listrik dan kendaraan terkoneksi cerdas.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024