kekeringan ini tersebar di empat desa, empat kecamatan
Banjarnegara (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, telah mendistribusikan bantuan air bersih sebanyak 219.000 liter yang bersumber dari APBD Kabupaten Banjarnegara bagi warga yang terdampak kekeringan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan bantuan air bersih tersebut didistribusikan untuk 988 keluarga penerima manfaat yang terdiri atas 2.998 jiwa.

"Warga yang terdampak kekeringan ini tersebar di empat desa, empat kecamatan," katanya.

Ia mengatakan wilayah terdampak kekeringan tersebut meliputi Desa Pagedongan, Kecamatan Pagedongan; Desa Kebondalem, Kecamatan Bawang; Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara; dan Desa Jalatunda, Kecamatan Mandiraja.

Menurut dia, seluruh desa yang terdampak kekeringan tersebut berada di wilayah selatan Kabupaten Banjarnegara.

"Sementara untuk wilayah utara (pegunungan tengah Jawa Tengah, red.) hingga saat ini belum ada yang terdampak kekeringan," katanya.

Baca juga: BPBD: Wilayah terdampak kekeringan di Banyumas capai 28 desa
Baca juga: Dampak kemarau, BPBD Cilacap salurkan air bersih untuk 5.715 keluarga


Kendati demikian, dia mengatakan BPBD Kabupaten Banjarnegara telah menyiagakan 3 armada tangki untuk mendistribusikan bantuan air bersih ke desa-desa yang terdampak kekeringan.

Dalam hal ini, kata dia, BPBD Kabupaten Banjarnegara telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp35 juta yang bersumber dari APBD setempat untuk bantuan air bersih pada musim kemarau tahun 2024.

Oleh karena itu, dia mempersilakan pemerintah desa yang wilayahnya mengalami kekeringan untuk segera mengajukan bantuan air bersih kepada BPBD Kabupaten Banjarnegara.

"Kami akan segera melakukan verifikasi lapangan dan memetakan titik distribusi bantuan air bersih jika sudah ada surat permohonan secara resmi," kata Andri.

Baca juga: BPBD: Desa di utara Sukabumi mulai mengalami kesulitan air bersih
Baca juga: Pemkot Semarang distribusikan air bersih di wilayah kekeringan
Baca juga: Pemkab Pamekasan kerahkan delapan tangki untuk bantu kekeringan

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024