Jakarta (ANTARA) - Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) merupakan kawasan metropolitan yang terdapat banyak mall atau pusat perbelanjaan besar. Bahkan, mall besar ini bukan hanya sebagai tempat belanja tetapi juga kerap menjadi tempat hiburan bagi sebagian orang.

Di kawasan Jabodetabek ada mall besar yang menyediakan berbagai gerai yang menawarkan produk seperti pakaian, makanan, elektronik dan berbagai hiburan seperti bioskop, tempat bermain, serta pameran.

Setiap mall besar yang ada di Jabodetabek memiliki konsep menarik yang menjadikannya sebagai destinasi populer. Berikut beberapa mall besar yang ada di Jabodetabek, dilansir dari Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) dan berbagai sumber:

1. Grand Indonesia, Jakarta Pusat

Grand Indonesia menjadi salah satu menjadi salah satu mall terbesar yang ada di Jakarta, tepatnya terletak di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat dengan total luas sekitar 263.226 meter persegi dan sekitar 140.000 meter persegi area yang dapat disewakan.

Grand Indonesia berada di lokasi strategis, yakni berdampingan dengan ikon Patung Selamat Datang Bundaran HI, serta terintegrasi atau terhubung dengan gedung perkantoran Menara BCA, Hotel Indonesia Kempinski, dan apartemen Kempinski Private Residences.

Mall milik Djarum Group ini dibuka untuk umum pada tahun 2007, terdiri dari tiga bagian mall, yakni west mall 9 lantai, east mall 8 lantai, dan dihubungkan dengan Skybridge 5 lantai.

Grand Indonesia mengusung konsep Family Friendly Lifestyle, mall ini menyediakan kebutuhan keluarga dalam satu tempat, menyediakan banyak tenant, mulai dari food & beverages, hiburan hingga fashion dari brand ternama.

2. Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara

Summarecon Mall Kelapa Gading termasuk kedalam salah satu mall terbesar di Jakarta, yang terletak di Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara dengan luas 150.000 meter persegi.

Mall ini didirikan sejak 1990 dengan mengusung berbagai konsep, seperti gaya hidup, kuliner, hingga entertainment. Tersedia sekitar 600 tenant yang mencakup restoran, pusat perbelanjaan, bioskop XXI, dan beberapa fasilitas hiburan lainnya.

3. Kota Kasablanka, Jakarta Selatan

Kota Kasablanka atau dikenal dengan singkatan Kokas termasuk mall terbesar di Jakarta yang terletak di Jl. Casablanca Raya Kav. 88, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan dengan lahan seluas 11.5 Hektar.

Kota Kasablanka mulai beroperasi pada tahun 2012, dengan mengusung desain Morroco Concept yang terdiri dari 5 lantai pusat perbelanjaan dan 1 lantai exhibiton hall The Kasablanka.

Mall ini juga menjadi salah satu tempat populer di Jakarta Selatan, menyediakan resto dan cafe Nusantara, Asia, dan Western dan beragam pilihan koleksi fesyen dari berbagai brand terkenal.

4. Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat

Mall Taman Anggrek sebagai salah satu mall terbesar di Jakarta, yang terletak di Jl Letjen S.Parman Kav. 21, Jakarta Barat dengan luas bangunan mencapai 360.000 meter persegi.

Mall ini telah dibuka sejak 1996, yang memiliki ikon TV raksasa atau disebut juga LED Façade sepanjang 353,4 meter dan tinggi 25 meter yang tercatat sebagai “The World Largest LED Illuminated Façade”.

Selain menyediakan berbagai brand terkenal, di Mall Taman Anggrek juga terdapat arena ice skating pertama di Indonesia sebagai salah satu hiburan menarik.

5. Cibinong City Mall, Bogor

Cibinong City Mall merupakan salah satu mall terbesar berada di kabupaten Bogor, yang terletak di Jl. Tegar Beriman No.1, Cibinong, Bogor, Jawa Barat dengan luas 2,7 hektar dan luas bangunan 90.000 meter persegi.

Lokasinya cukup strategis karena berada di kawasan Pemerintahan Kabupaten Bogor. Di Cibinong City Mall menyediakan tenant ternama, mulai dari kuliner, fesyen, supermarket, dan masih banyak tenant-tenant lainnya.

6. AEON MALL Sentul City, Bogor

AEON Mall Sentul City salah satu mall besar yang berada di Bogor, terletak di Jl. MH. Thamrin, Citaringgul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan luas bangunan 190.000 meter persegi terdiri dari empat lantai dan basement dua lantai.

Mall ini baru beroperasi tahun 2021, tersedia 270 tenant dengan beragam produk brand lokal dan internasional, mulai dari kuliner, fesyen, dan masih banyak lainnya.

7. Margo City, Depok

Margo City merupakan salah satu mall terbesar di Depok, Jawa Barat, terletak di Jl Margonda Raya dengan total luas wilayah sebesar 40.593 meter persegi yang terdiri dari 4 lantai yang diresmikan tahun 2006.

Mall yang dikenal sebagai ikon Margonda ini, dilengkapi dengan berbagai tenant ternama seperti supermarket, toko elektronik, restaurant, fesyen dan kecantikan, fitness center dan berbagai macam fasilitas hiburan.

 Bahkan, lokasinya strategis mudah diakses dengan transportasi umum dan dekat Stasiun Pondok Cina.

8. Tangcity Mall, Tangerang

TangCity Mall merupakan salah satu mall besar di Tangerang, terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Kota Tangerang, Banten dengan luas 10 hektar yang terdiri dari 6 lantai, 2 basement.

Mal ini diresmikan pada tanggal 28 Juli 2011, dengan lokasi Kawasan terpadu TangCity Superblock, berkonsep modern, minimalis dengan ratusan tenat nasional maupun internasional di dalamnya, mulai dari retail, fashion, food & beverage, yang menjadikan Tangcity Mall sebagai pusat perbelanjaan dan hiburan terbesar di Kota Tangerang.

9. Metropolitan Mall Bekasi

Metropolitan Mall atau biasa disebut MM merupakan salah satu mall atau pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan KH Noer Ali, Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi.

Mall ini berdiri tahun 1993 dan mal pertama yang berdiri di Kota Bekasi terdiri dari 4 lantai. Pusat perbelanjaan ini terletak cukup strategis, diapit oleh jalan tol Jakarta – Cikampek dan Kalimalang, sehingga dapat diakses dengan mudah.

Metropolitan Mall dibangun dengan konsep one stop shopping center, menyediakan tenant dari industri fashion, cosmetic, hingga food and beverage, baik brand lokal maupun global.

10. AEON Mall Deltamas, Bekasi

Aeon Mall Deltamas merupakan salah satu mall besar di Bekasi, yang terletak di Jl. Ganesha Boulevard, Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi dengan total luas sewa sekitar 86.000 meter persegi.

AEON Mall Deltamas terletak kurang lebih 2 Km dari KM 37 jalan tol utama Cikampek dan Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Karawang.

Mall ini mempunyai konsep yang memadukan Nature, Future, Japanese, dan Entertain, serta menawarkan ruang terbuka dan pusat perbelanjaan dan kuliner. Terdapat penggabungan 13 restoran otentik Jepang yang populer di Indonesia dalam satu area.

Baca juga: Lima rekomendasi wisata libur akhir pekan ini di Jakarta

Baca juga: Mal Grand Indonesia sambut Natal dengan parade & ragam program hiburan

Baca juga: Wisata belanja mal Jakarta jadi alternatif isi libur Lebaran

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024