investasi ini bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Respirasi Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Persahabatan, di Jakarta, Jumat.

Dalam sambutannya pada acara peresmian, Presiden meyakini bahwa RS Persahabatan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi respirasi kesehatan ibu dan anak.

"Saya tadi sama-sama rombongan masuk ke rumah sakit (gedung) baru ini, komentarnya sama, semua menyampaikan seperti masuk ke hotel bintang lima," kata Presiden mengawali sambutannya di Jakarta, Jumat.

Dia menilai bangunan Gedung Respirasi Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Persahabatan sangat bagus dan bersih dengan desain arsitektur yang bagus serta pencahayaan yang terang-benderang.

"Tidak seperti rumah sakit yang sering saya lihat di daerah-daerah, agak gelap. Oleh sebab itu saya sangat menghargai pekerjaan besar ini yang didukung oleh Islamic Development Bank," kata dia.

Baca juga: Menkes: Gedung pelayanan baru RSK Dharmais upaya tingkatkan yankes
Baca juga: Presiden : Program bayi tabung cukup di RSHS tak perlu ke luar negeri


Dia menyampaikan anggaran untuk pembangunan gedung senilai Rp494 miliar, serta anggaran alat-alat medis senilai Rp115 miliar, ditambah anggaran persiapan SDM senilai Rp42 miliar.

"Uang yang sangat gede sekali, tapi tidak ada masalah kalau memang investasi ini bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat utamanya yang berkaitan dengan pelayanan respirasi ibu dan anak," jelasnya.

Dia meyakini akan banyak masyarakat dari daerah lain, utamanya di luar Pulau Jawa yang akan merujuk pengobatan ke RS Persahabatan, karena peralatan dan tenaga dokter yang sangat mendukung bagi kesembuhan ibu dan anak.

"Dan tidak perlu lagi ada yang berobat ke luar negeri, ke Singapura, Malaysia, Jepang, saya kira kalau melihat rumah sakit seperti ini cukup di Indonesia, cukup di RS Persahabatan," kata dia.

Jokowi kemudian meresmikan Gedung Respirasi Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Persahabatan.

Ia didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Presiden Islamic Development Bank Muhammed Al-Jasser.

Baca juga: Presiden resmikan Gedung Pelayanan Kanker Ibu dan Anak RS Dharmais
Baca juga: RSUD Margono Soekarjo dilengkapi dengan Linac guna tangani kanker
Baca juga: 1.200 perwakilan RS di Indonesia hadiri konferensi HMA 2024 di Bali

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024