Jakarta (ANTARA) - Bogor menawarkan destinasi wisata yang banyak diminati berkat keindahan alamnya, yang menyediakan berbagai pilihan tempat wisata yang cocok untuk semua usia dan liburan keluarga.

Dari keindahan alam hingga pelestarian budaya, setiap lokasi di Bogor memiliki daya tarik uniknya sendiri. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta membuatnya menjadi tujuan terbaik untuk liburan singkat atau akhir pekan.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata terbaik di Bogor yang wajib dikunjungi, untuk pengalaman yang berkesan:


1. Kebun raya Bogor


Sumber: Kebun raya

Kebun Raya Bogor adalah salah satu ikon wisata di Bogor. Terletak di pusat kota, taman botani ini menyimpan lebih dari 15.000 spesies tumbuhan dari seluruh dunia. Selain menikmati keindahan flora, pengunjung juga bisa menjelajahi beberapa bangunan bersejarah, seperti Istana Bogor yang terletak di samping Kebun Raya atau museum zoologi.

• Alamat : : Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat


2. Taman safari Indonesia Bogor


Sumber: ANTARA/Natisha Andarningtyas.

Taman Safari Indonesia adalah destinasi keluarga yang terbaik. Dengan memberikan pengunjung untuk melihat berbagai jenis satwa dari dalam kendaraan, menawarkan pengalaman liburan yang berkesan dan menyenangkan. Selain itu, terdapat berbagai atraksi dan pertunjukan yang menghibur, serta sebagai tempat konservasi satwa sekaligus edukasi bagi seluruh pengunjung.

• Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat


3. Puncak pass Bogor


Sumber: bobobox.com

Tempat ini terkenal dengan pemandangan alam yang terbaik dan udara yang sejuk. Di Puncak, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berkemah, bersepeda, atau sekadar bersantai sambil menikmati alam yang indah.

• Alamat : Jalan Nasional No.11, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor.


4. Air terjun Curug Cilember


Sumber: tripadvisor

Terdapat air terjun yang dikelilingi oleh hutan tropis yang rimbun. Pengunjung bisa menikmati suasana sejuk sambil berjalan menyusuri jalur menuju air terjun.

• Alamat : Megamendung, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat


5. Little Venice kota bunga


Sumber : Klook

Tempat ini merupakan kawasan rekreasi yang menarik untuk berfoto dan bersantai. Aktivitas seperti berperahu di kanal dan menjelajahi berbagai toko juga menambah kebahagiaan yang seru, dengan bentuk kota bergaya Eropa.

• Alamat : Villa Kota Bunga, Jl. Hanjawar - Pacet, Batulawang, Cipanas, Jawa Barat


6. Cimory Dairyland puncak Bogor


Sumber: Traveloka

Cimory Dairyland adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini menawarkan berbagai atraksi yang berfokus pada pengalaman peternakan susu dan produk olahan susu. Pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan ternak, seperti sapi dan kambing, serta menikmati berbagai produk susu segar dan olahan di kafe yang ada di lokasi.

• Alamat : Jl. Raya Puncak Gadog, Cipayung Girang, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat


7.Taman buah Mekarsari


Sumber : wisata-id.com

Taman Buah Mekarsari adalah destinasi yang ideal untuk para pecinta buah. Taman ini menawarkan berbagai jenis buah yang bisa dipetik langsung dari pohonnya serta berbagai kegiatan edukasi dan rekreasi lainnya.

• Alamat : Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat


8. Rajawali Shooting Range


Sumber : Klook

Merupakan tempat wisata lapangan tembak dan petualangan terbesar di Asia dengan fasilitas standar ISO. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dengan instruktur bersertifikat di sini. Jadi semua aktivitas Anda akan terjamin aman.

• Alamat : Jl. Bukit Angsana Hijau, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat


9. Canopy Trail Ciwalen


Sumber : Satwa Winnie

Canopy Trail ciwalen Bogor adalah jalur jembatan gantung yang terletak di kawasan Bogor, Jawa Barat. Jembatan ini menawarkan pengalaman berjalan di atas ketinggian di tengah hutan, memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Tempat ini menjadi salah satu atraksi wisata terbaik di Bogor untuk pecinta alam dan petualangan.

• Alamat : Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat


10. Telaga warna


Sumber : bogor-kita.com

Telaga Warna adalah sebuah danau yang terkenal dengan warna airnya yang berubah-ubah, yang disebabkan oleh refleksi cahaya matahari dan kandungan mineral di dalamnya. Selain keindahan alamnya, Telaga Warna juga merupakan tempat yang terbaik dan populer untuk berfoto dengan menikmati pemandangan sekitar yang sejuk.

• Alamat : Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor


11. Gunung Gede Pangrango

​​​​​​​

Sumber : ANTARA FOTO. (Ahmad Fikri)
​​​​​​​
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menawarkan jalur pendakian yang menantang dan keindahan alam pegunungan, danau, serta hutan. Gunung ini juga dikenal dengan keragaman flora dan fauna yang luar biasa

• Alamat : Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat


12. Taman wisata Matahari


Sumber : Taman Wisata Matahari

Tempat ini memiliki berbagai atraksi, seperti taman bermain, area piknik, dan pemandangan alam yang menawan. Suasana yang sejuk dan udara segar membuat Matahari Park menjadi pilihan terbaik untuk liburan keluarga dan aktivitas di luar ruangan.

• Alamat : Jl. Raya Puncak Gadog, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat


13. Jungleland adventure theme park


Sumber : Tiket.com
​​​​​​​
Taman ini menyediakan berbagai wahana yang seru dan menantang untuk segala usia. Pengunjung bisa merasakan sensasi adrenaline melalui wahana rollercoaster seperti Tornado dan Loop Coaster dan terdapat petualangan air, yaitu wahana River Rapid dan Waterboom.

• Alamat : Kawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat


14. Gunung pancar


Sumber : Gunung pancar

Gunung Pancar yang menjadi salah satu tempat terbaik wisata Bogor yang menyukai pegunungan. Terdapat banyak pohon pinus dan tempat yang sangat instagramable.

• Alamat : Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor


15. Cibalung Happy Land
​​​​​​​

Sumber : Tiketmasuk.com
​​​​​​​
Tempat ini menawarkan berbagai wahana dan fasilitas hiburan, seperti taman bermain dan area piknik, terdapat juga rekreasi air seru seperti rafting dan outbound.

• Alamat : Jalan Manunggal VII, RT.01/RW.02, Cibalung, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Baca juga: 6 rekomendasi wisata alam di Bogor

Baca juga: Taman Safari Bogor sambut libur sekolah dengan pertunjukan edukasi

Baca juga: Sandiaga Uno sebut Kota Bogor adalah icon wisata


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024