Kami menargetkan pembangunan pasar rampung pada Desember 2024 agar bisa menampung para pedagang sayur dan ikan
Tabalong, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan menyediakan dana sekitar Rp12 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 untuk merevitalisasi Pasar Kapar di Kecamatan Murung Pudak.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah mengatakan bangunan pasar masih tahap pengerjaan yang nantinya dapat menampung sekitar 170 pedagang.

"Kami menargetkan pembangunan pasar rampung pada Desember 2024 agar bisa menampung para pedagang sayur dan ikan," kata Hamida saat meninjau lokasi pembangunan di Pasar Kapar Kecamatan Mirung Pudak, Jumat.

Hamida meminta para pedagang ikan, sayur dan lainnya bersabar karena kegiatan pembangunan masih berlangsung yang sudah mencapai 40 persen.

Hamida menuturkan kegiatan revitalisasi Pasar Kapar yang dilaksanakan CV Berkah Rizki ini dengan luas 30 meter x 50 meter sebagai upaya menata kawasan perdagangan agar lebih baik dan tertib.

Baca juga: Pemkab Tabalong Kalsel segera operasikan 20 bajaj listrik

Baca juga: KPPN Tanjung: Sektor pertanian terima KUR terbesar capai Rp72 miliar


Ruas jalan di Pasar Kapar terjadi kepadatan lalu lintas karena para pedagang menggelar dagangan di pinggir jalan.

Hamida mengungkapkan Pemkab Tabalong membangun jalan baru untuk mengurangi kemacetan lalu lintas kendaraan, sehingga ruas jalan lama akan ditutup.

"Selain bangunan pasar kita juga membuat jalan baru dengan harapan tidak terjadi kemacetan," tutur Hamida.

Saat kunjungan ke lokasi Pasar Kapar, Hamida didampingi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong Sam'ani, Camat Murung Pudak Handi Yanuardi dan pihak pelaksana proyek.

Baca juga: Tabalong gandeng swasta manfaatkan sampah organik bahan bakar PLTU

Baca juga: PUPR Tabalong alokasikan dana Rp42 miliar untuk pembangunan TCC

Pewarta: Taufik Ridwan/Herlina Lasmianti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024