Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat mencatat sebanyak 35 bakal pasangan calon mendaftar ikut Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 setelah tahapan pendaftaran ditutup pada Kamis (29/8).

Calon peserta pilkada itu terdiri atas tiga bakal pasangan gubernur dan wakil gubernur dan 32 bakal pasangan calon bupati/wakil bupati dan calon wali kota/wakil wali kota yang tersebar di sepuluh kabupaten/kota.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB Muhammad Khuwailid di Mataram, Jumat, mengatakan setelah berakhirnya tahapan pendaftaran calon kepala daerah, terdapat tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang secara resmi mendaftar.

"Berarti di NTB ada tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan mengikuti tahapan selanjutnya pada Pilkada NTB 2024," ujarnya.

Baca juga: KPU NTB nyatakan berkas pendaftaran Zul-Uhel dan Rohmi-Firin lengkap

Tiga bakal pasangan calon itu adalah Zulkieflimansyah dan H.M. Suhaili F.T atau Zul-Uhel yang mendaftar pada hari kedua Rabu, 28 Agustus 2024. Pasangan ini diusung tiga gabungan partai politik, yaitu PKS, Demokrat dan Nasdem dengan jumlah suara sah sebanyak 823.606 suara.

Selanjutnya pasangan Siti Rohmi Djalilah dan Musyafirin yang juga mendaftar pada hari kedua dan diusung empat partai politik, yaitu PKB, PDI Perjuangan, Partai Perindo, dan Partai Ummat, dengan jumlah suara sah sebanyak 602.321 suara.

Kemudian pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri yang mendaftar pada hari ketiga Kamis, 29 Agustus 2024, dan diusung sembilan partai politik, yakni PAN, Partai Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, dan PSI, dengan jumlah suara sah sebanyak 1.637.928 suara.

"Jadi, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang didaftarkan gabungan partai politik di NTB berjumlah tiga pasang dengan total suara sah 99,26 persen," katanya.

Baca juga: KPU NTB gunakan video call pastikan dukungan parpol Iqbal-Dinda

Sementara untuk pilkada di 10 kabupaten/kota di NTB, seperti Kabupaten Lombok Barat ada empat bakal pasangan calon yang telah diberikan tanda terima pendaftaran.

Untuk Kota Mataram ada dua bakal pasangan calon yang sudah diberikan tanda terima pendaftaran, kemudian Kabupaten Lombok Tengah ada tiga bakal pasangan calon, dan Lombok Utara juga ada tiga bakal pasangan calon.

Selanjutnya di Kabupaten Lombok Timur ada lima bakal pasangan calon, Kabupaten Sumbawa Barat ada empat bakal pasangan calon, terdiri atas tiga pasangan calon didaftarkan gabungan parpol dan satu pasangan calon dari jalur perseorangan.

Untuk Kabupaten Sumbawa ada empat bakal pasangan calon yang didaftarkan oleh masing-masing gabungan parpol dan di Kabupaten Dompu ada dua bakal pasangan calon.

Sedangkan di Kabupaten Bima juga ada dua bakal pasangan calon yang didaftarkan gabungan parpol, sementara di Kota Bima ada tiga pasangan calon yang juga didaftarkan gabungan parpol.

"Dengan demikian, ada 35 bakal pasangan calon yang sudah diberikan tanda terima pendaftaran pilkada serentak di NTB dan melanjutkan ke tahapan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Baca juga: Pasangan Iqbal-Dinda mendaftar KPU NTB dengan dukungan 1,6 juta suara

Berikut daftar nama bakal pasangan calon pada Pilkada Serentak 2024 di Provinsi NTB:

Pilkada NTB: Zulkieflimansyah dan HM Suhaili FT (Zul-Uhel), Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin (Rohmi-Firin), Lalu Muhammad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda).

Pilkada Kota Mataram: Lalu Aria Dharma-Weis Arqurnain dan Mohan Roliskana-Mujiburrahman.

Pilkada Kabupaten Lombok Barat: Nurhifayah-Imam Kafali, Naufar Furqoni Farinduan-Khaeratun, Lalu Ahmad Zaini-Nurul Adha dan Sumiatun-Ibnu Salim.

Pilkada Kabupaten Lombok Utara: Najmul Akhyar-Kusmalahadi Syamsuri, Danny Karter Febrianto-Zaki Abdullah, Lalu Muhsin Muhtar-Junaidi Arif.

Pilkada Kabupaten Lombok Tengah: Lalu Pathul Bahri-Nursiah, Ahmad Puaddi-Legewarman, Ruslan Turmuzi-Lalu Normal Suzana.

Pilkada Kabupaten Lombok Timur: Khaerul Warisin-Edwin Hadiwijaya, Rumaksi-Sukisman Azmy, Syamsul Lutfi-Abdul Wahid, Tanwirul Anhar-Daeng Palori dan Suryadi Jaya Purnama-TGH Gede Patihin.

Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat: Fud Syaifuddin-Aheruddin, Ahmad Salim-Nasir, Nur Yasin-Sumardan, dan Amar Nurmasyah-Hanifah Musyafirin.

Pilkada Kabupaten Sumbawa: Muhammad Abdullah-Burhanudin Jafar Salam, Dewi Noviany-Talifuddin, Syarifuddin Jarot-Muhammad Ansori, dan Abdul Rafiq-Sahril.

Pilkada Kabupaten Dompu: yakni Abdul Kader Jaelani-Syahrul Parsan, dan Bambang Firdaus-Syirajuddin.

Pilkada Kabupaten Bima: Muhammad Putera Feriyandi-Rosiati, dan Ady Mahyudin-Irfan.

Pilkada Kota Bima: Mohammad Rum-Mutmainnah, Arahman H Abidin-Fery Sofian, dan Syafriansyar-Syamsuddin.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024