Jakarta (ANTARA) -
Menghabiskan liburan dengan mengunjungi berbagai daftar kolam renang di Jakarta merupakan pilihan yang tepat.

Terlebih lagi, memilih lokasi yang dekat dengan tempat tinggal akan membantu menghemat waktu perjalanan Anda.
 
Jakarta dan sekitarnya menyediakan berbagai pilihan kolam renang yang dapat memenuhi kebutuhan rekreasi dan olahraga. Pilihan ini cocok untuk keluarga yang ingin bersantai maupun individu yang fokus pada kebugaran.
 
Di tengah keramaian ibu kota, berendam di kolam renang bisa menjadi cara yang menyegarkan untuk menghilangkan stres.

Bagi Anda yang mencari lokasi untuk berenang dan bersantai, berikut adalah 15 kolam renang terbaik di Jakarta dan sekitarnya yang patut dipertimbangkan, di antaranya:
 
1. Stadion Akuatik Gelora Bung Karno
 
Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) , terdapat empat jenis kolam renang: kolam loncat indah dengan kedalaman 5 meter, kolam tanding dan polo air dengan kedalaman 3 meter, serta kolam pemanasan dengan kedalaman 2 hingga 3 meter.
 
Stadion megah ini juga sering dijadikan lokasi syuting dan pre-wedding, sehingga Anda bisa mengambil foto setelah berenang di lokasi tersebut.
 
- Lokasi: Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno
 
- Jam operasional: Setiap hari, 08.00–16.00 WIB
 
- Harga tiket: Mulai dari Rp100.000 per orang (pesan daring di situs resmi GBK)
 
2. Atlantis Water Adventure
 
Atlantis Water Adventure atau yang dikenal sebagai Atlantis Ancol, merupakan destinasi liburan keluarga yang ideal dengan luas kolam renang mencapai 5 hektar. Tempat ini menawarkan tema petualangan yang menyenangkan untuk anak-anak.
 
Terdapat delapan kolam utama yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri, termasuk Kolam Aquarius, Antilla, Atlantean, Plaza Atlas, Octopus, Poseidon, serta Kiddy Pool 1 dan 2.
 
- Lokasi: Taman Impian Jaya, Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
 
- Jam operasional: Setiap hari, 08.00–15.30 WIB
 
- Harga tiket: Mulai dari Rp105.000 - Rp175.000 per orang.
 
3. Palm Bay Water Park
 
Destinasi kolam renang ini ideal bagi Anda yang mencari tempat liburan keluarga di Jakarta Barat. Wahana air di kolam renang ini sangat populer di kalangan anak-anak berkat tampilannya yang berwarna-warni.
 
Kolam renang ini menawarkan berbagai wahana air, dari yang santai hingga yang menantang adrenalin, termasuk perosotan spiral, kolam ombak, kolam pantai, ember tumpah, kolam renang dewasa, boomerang, dan rainbow slide.
 
- Lokasi: Taman Surya 5 Blok PP 1, RT.8/RW.2, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830
 
- Jam operasional: 09.00–16.00 WIB (Selasa tutup, Sabtu & Minggu tutup jam 17.00 WIB)
 
- Harga tiket: Mulai dari Rp45.000
 
4. The Wave Waterpark
 
Kolam renang yang cukup terkenal di Jakarta Selatan ini, merupakan salah satu wahana air terbaik untuk keluarga. Dengan fasilitas yang lengkap dan unik, berbagai wahana menarik sudah tersedia untuk pengunjung.
 
Wahana ini dapat dinikmati oleh semua usia, dengan ketentuan tinggi dan umur yang berlaku. Beberapa wahana yang ditawarkan termasuk aqua play, wave pool, dan sandy beach.
 
- Lokasi: Pondok Indah Mall, Jl. Metro Pondok Indah, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310
 
- Jam operasional: Setiap hari, 08.00–17.00 WIB
 
- Harga tiket: Mulai dari Rp90.000 per orang
 
5. Kolam Renang Bulungan
 
Setelah revitalisasi awal tahun 2022 lalu, kolam renang Bulungan di Gelanggang Remaja Jakarta Selatan kini menjadi pilihan ideal untuk berolahraga. Kolam renang ini memiliki panjang 50 meter dan kedalaman 1,2 hingga 3 meter, menjadikannya kolam berstandar internasional.
 
- Lokasi: Jl. Kyai Maja Blok F, RT.2/RW.8, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120
 
- Jam operasional: Setiap hari, 07.30–15.30 WIB (istirahat dari 11.30–12.30 WIB)
 
- Harga tiket: Mulai dari Rp10.000 per orang
 
6. Tangkas Sport Center
 
Kolam renang Tangkas Sport Center menawarkan pengalaman berbeda dibandingkan wahana air lainnya, karena terintegrasi dengan fasilitas olahraga lain seperti lapangan tenis dan gym.
 
Fasilitas umum dan kolam renangnya sangat bersih dan sejuk, menjadikannya pilihan yang baik untuk keluarga. Terutama jika Anda ingin melatih anak agar berenang dengan lebih lancar dan lincah, tempat ini bisa menjadi rekomendasi.
 
- Lokasi: Komplek Greenville, Jl. Tj. Duren Barat No.11, RT.11/RW.9, Duri Kepa, Kebonjeruk, Jakarta Barat, Jakarta 11510
 
- Jam operasional: Selasa–Minggu, 09.00–21.00 WIB
 
- Harga tiket: Mulai dari Rp65.000 per orang
 
7. Ocean Park Water Adventure
 
Tidak jauh dari Jakarta, , Ocean Park Water Adventure di kawasan BSD menawarkan pilihan liburan yang menarik. Dengan desain modern dan area yang luas, tempat ini sangat cocok untuk anak-anak yang gemar bermain di wahana air.
 
Wahana yang beragam cocok untuk segala usia, dan fasilitas yang terjaga kebersihannya menjadikannya tempat yang pas untuk bersenang-senang bersama anak di akhir pekan.
 
- Lokasi: Jl. Pahlawan Seribu, CBD Area Tangerang Selatan, Banten
 
- Jam operasional: Setiap hari, 11.00–16.00 WIB (Sabtu & Minggu buka dari pukul 09.00 WIB)
 
- Harga tiket: Mulai dari Rp65.000 per orang
 
8. Kolam Renang Pantai Mutiara Sport Center
 
Jika Anda mencari pengalaman berenang dengan pemandangan pantai yang menakjubkan, kunjungi kolam renang Pantai Mutiara Sport Center. Terletak tidak jauh dari pantai, tempat ini memungkinkan Anda berenang sambil menikmati suasana pantai.
 
Tempat ini ideal untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama saat sore hari untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Kolam renangnya juga bersih dan nyaman, membuatnya cocok untuk waktu berkualitas bersama keluarga.
 
- Lokasi Jl. Pantai Mutiara Regatta No.9, RT.14/RW.16, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460
 
- Jam operasional: Setiap hari, 06.00–22.00 WIB (Sabtu & Minggu tutup jam 21.00 WIB)
 
- Harga Tiket: Mulai dari Rp100.000 per orang
 
9. El Dorado Waterpark
 
El Dorado Waterpark cukup menawarkan konsep unik dengan tema suku Aztec, membedakannya dari wahana air lainnya. Beragam permainan yang tersedia dapat dinikmati oleh berbagai usia, termasuk orang dewasa.
 
Fasilitas yang disediakan sangat lengkap dan bersih, sementara harga tiketnya tetap terjangkau dibandingkan wahana air lainnya.
 
- Lokasi: Komplek Legenda Wisata Km.6, Jalan Alternatif Transyogi, Nagrak, Gunung Putri, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16967
 
- Jam Operasional: Sabtu & Minggu, 09.00–17.00 WIB
 
- Harga Tiket: Rp45.000 per orang
 
10. House of Shafa
 
Kolam renang ini dirancang khusus untuk wanita dan anak-anak, dengan memberikan kesempatan bagi para wanita untuk berenang dengan lebih bebas dan nyaman. Kolam ini hanya menerima pengunjung wanita dan anak-anak, dengan aturan ketat yang melarang anak laki-laki di atas usia 7 tahun untuk masuk.
 
Dengan kebijakan ini, para wanita, termasuk muslimah, akan merasa lebih aman dan nyaman saat berenang di sini.
 
- Lokasi: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.46, RW.5, Tebet Timur, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820
 
- Jam operasional: Setiap hari, 07.00–17.00 WIB
 
- Harga tiket: Mulai dari Rp50.000 per orang
 
Setiap kolam renang ini menawarkan keunikan dan fasilitas yang berbeda, sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pastikan untuk memeriksa jam operasional dan kebijakan masing-masing tempat sebelum berkunjung.
 
Dengan banyaknya pilihan kolam renang di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa memilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk bersantai atau berolahraga bersama keluarga.
 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024