Kami berharap Pameran Kriyanusa ini, bisa membuka peluang pasar yang lebih luas bagi produk-produk kerajinan khas Sulsel
Makassar (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan memamerkan berbagai kerajinan unggulan Sulsel pada Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024 bertajuk Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya di Balai Sidang Jakarta, 28 Agustus hingga 1 September 2024.

Pj Ketua Dekranasda Sulsel Ninuk Triyanti Zudan dalam keterangan di Makassar, Jumat, mengatakan beragam produk yang dipamerkan, di antaranya pakaian, aksesoris, tas, serta produk kerajinan tangan.

Dekranasda Sulsel juga menghadirkan penenun yang langsung mempraktikkan proses menenun di stan yang disediakan penyelenggara.

“Kami berharap melalui Pameran Kriyanusa ini, bisa membuka peluang pasar yang lebih luas bagi produk-produk kerajinan khas Sulsel, yang nantinya berdampak pada perekonomian perajin di Sulsel,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin menekankan pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Indonesia.

"Saat ini, semakin banyak perajin muda yang terinspirasi untuk mengeksplorasi, memahami dan memanfaatkan potensi kerajinan tradisional. Mereka adalah pionir yang akan membawa budaya Indonesia ke panggung dunia dengan pendekatan yang segar dan inovatif," ujarnya saat membuka pameran tersebut.

Baca juga: Dekranasda Sulsel pamerkan produk unggulan di KKS Digifest Sulsel

Baca juga: Produk unggulan kain khas Sulsel lolos kurasi Dekranas


Oleh karena itu, Wury menekankan pentingnya peran generasi muda dalam melanjutkan dan menjaga warisan budaya nasional.

“Generasi muda adalah harapan kita untuk memastikan bahwa kekayaan budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring dengan kemajuan zaman,” tuturnya.

Wury berharap Pameran Kriyanusa 2024 bisa menjadi wadah bagi perajin muda untuk memamerkan karya mereka dan saling berkolaborasi.

"Kami berharap acara ini dapat memberikan platform bagi perajin muda untuk menunjukkan karya mereka, belajar dari satu sama lain, dan membangun hubungan yang saling menguntungkan," jelasnya.

Pameran Kriyanusa 2024 menampilkan 444 stan, yang terdiri atas 213 stan Dekranasda provinsi, kabupaten dan kota, 42 stan yayasan dan individu, 20 stan dari Provinsi Kaltim, 58 stan perajin muda, delapan stan sponsor, serta 24 stan kuliner.

Selain itu, Pameran Kriyanusa juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti workshop, peragaan busana, gelar wicara, pentas seni, tarian dari berbagai daerah, dan pertunjukan musik dari sejumlah artis nasional.

Baca juga: Dekranasda lantik pengurus Komunitas Designer Olah Tenun Sulsel

Baca juga: Dekranasda Sulsel motivasi pengusaha pemula kembangkan usaha

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024