Perum Bulog siap berkolaborasi dan bahkan menjadi mitra demi terciptanya ketahanan pangan.....
Jakarta (ANTARA) - Perum Bulog mendorong inovasi dan siap berkolaborasi boga untuk wirausaha perempuan dalam rangka pengembangan dan peningkatan usaha kuliner di Indonesia.

Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan Perum Bulog Sonya Mamoriska Harahap mengatakan tantangan berwirausaha pada saat ini tidaklah mudah, selain kompetisi yang dihadapi, keadaan ekonomi dan geopolitik dunia, juga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat harus dicermati dan disikapi dengan kreativitas dalam usaha maupun sikap serta karakter wirausaha yang positif. Pentingnya inovasi di industri pangan dilakukan untuk bisa menyesuaikan tren konsumen muda yang terus berkembang.

“Perum Bulog siap berkolaborasi dan bahkan menjadi mitra demi terciptanya ketahanan pangan sekaligus dengan kepiawaian dan pengalaman kami pada rantai pasok pangan, kiranya bisa membantu peningkatan usaha para wanita wirausaha,” kata Sonya, di Jakarta, Jumat.

Menurut data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, 65 persen usaha UMKM didominasi kepemilikannya oleh perempuan, dan 54 persen usaha kreatif juga dimiliki oleh perempuan. Namun sayangnya, kebanyakan usaha tersebut masih berskala mikro.

Dalam upaya mendukung pengembangan dan peningkatan usaha kuliner di Indonesia, Perum Bulog mendukung terselenggaranya acara Indonesia Womenpreneur Conference (IWC) 2024 bertajuk Business Level Up.

Acara itu menjadi wadah penting bagi para pelaku bisnis perempuan untuk memperkuat potensi bisnis mereka di era modern, terutama untuk mereka yang berfokus khusus pada inovasi produk boga yang sesuai dengan tren pasar konsumen muda.

“Melalui Indonesia Womenpreneur Conference 2024, kami mengajak para pengusaha perempuan untuk terus meningkatkan kapasitas usahanya dan mengantarkan kebaikan melalui usahanya masing-masing,” kata Sonya.

Para pemimpin bisnis dan wirausaha perempuan yang ingin mengembangkan strategi inovatif untuk memperkuat usaha di sektor boga, dibekali berbagai strategi agar dapat menjangkau konsumen muda.

Sebagai perusahaan rantai pasok pangan terdepan di Indonesia, Perum Bulog berperan aktif dalam mendukung wirausaha kuliner melalui program transformasi dan kolaborasi kreatif.

Pelaku usaha dituntut untuk terus berinovasi baik dalam bahan baku, proses produksi, hingga cara pemasaran produk mereka. Perum Bulog, dengan pengalaman dan jaringannya yang luas, dapat berperan sebagai fasilitator bagi pengusaha perempuan untuk menjawab permintaan tersebut.

Dalam memasarkan berbagai produk, selain dari jalur distribusi pasar tradisional, saat ini Perum Bulog telah masuk ke ritel modern maupun ke e-Marketplace, termasuk mendirikan jejaring Rumah Pangan Kita (RPK) yang menjual beragam produk pangan.

Kepala Divisi Pemasaran dan Pengembangan Bisnis Direktorat Bisnis Perum Bulog Bowo Kristiyono mengatakan Rumah Pangan Kita merupakan inisiatif yang sangat penting dalam memperkuat distribusi pangan di Indonesia.

"Program ini tidak hanya mempermudah akses masyarakat terhadap bahan pangan berkualitas, tetapi juga mempermudah dan memberdayakan masyarakat untuk memiliki usaha dengan modal rendah untuk menjadi RPK," kata Bowo Kristiyono.

Program Rumah Pangan Kita (RPK) oleh Perum Bulog yang diluncurkan pada tahun 2016, sampai saat ini menjaring 20.000 individu atau rumah tangga yang menjadi RPK dengan+/- 5.000 SKU yang terdistribusi ke RPK baik pelayanan melalui Bossfood, Kanwil/Kancap.

Melalui RPK, Perum Bulog telah berhasil menjangkau berbagai daerah yang memiliki keterbatasan akses pangan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat dengan menciptakan peluang usaha baru.

“Kolaborasi kreatif antara pengusaha boga dengan pemasok rantai pasok pangan seperti Perum Bulog dapat menghadirkan peluang baru, baik dari segi produk, distribusi maupun konsumsi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai tambah bagi konsumen,” ujar Bowo.
Baca juga: Bulog salurkan 1 juta ton beras SPHP hingga jelang penghujung Agustus
Baca juga: Kemendagri minta Bulog siapkan langkah atasi kenaikan harga beras

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024