Karawang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, resmi menerima dua pasang calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada serentak tahun 2024, yakni pasangan Aep Syaepuloh-Maslani dan Acep Jamhuri-Gina Fadlia Swara.

Ketua KPU Karawang Mari Fitriana, di Karawang, Jumat, menyampaikan hingga masa pendaftaran ditutup pada Kamis (29/8) pukul 23.59 WIB, hanya ada dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar.

Dengan begitu, maka Pilkada serentak tahun 2024 di Karawang akan diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut ialah pasangan Aep Syaepuloh-Maslani dan pasangan Acep Jamhuri-Gina Fadlia Swara.

Aep Syaepuloh merupakan kandidat petahana dan pendampingnya Maslani adalah pensiunan polisi. Sedangkan Acep Jamhuri merupakan mantan Sekda Karawang, dan pasangannya Gina Fadlia Swara adalah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

Pasangan Acep-Gina diusung dan didukung oleh Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, PAN, PKN, PPP, PSI, Partai Gelora, Partai Buruh, Hanura, Partai Ummat, dan Partai Garuda.

Sementara pasangan Aep-Maslani didukung dan diusung Partai NasDem, PKS , PKB, PDIP dan Perindo.

"Kami sudah menerima pendaftaran dari dua pasangan calon itu. Kedua pasangan ini telah menyampaikan berkas persyaratan secara lengkap," kata Mari.

Jadi kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati itu telah melalui proses verifikasi administrasi dan akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Setelah menjalani proses pendaftaran, kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati itu selanjutnya akan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada 31 Agustus dan 1 September 2024.

Disebutkan bahwa hasil tes kesehatan tersebut akan menjadi salah satu syarat penting dalam tahapan Pilkada serentak tahun ini. 

Baca juga: Pasangan Anne Ratna Mustika-Budi Hermawan daftar ke KPU Purwakarta

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024