Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas (Kementerian PPN/Bappenas) mengajak keterlibatan seluruh lapisan masyarakat untuk memilih desain maskot resmi yang akan menjadi simbol representasi Indonesia di World Expo 2025 Osaka, Jepang.

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam di Kementerian PPN/Bappenas Vivi Yulaswati menyatakan bangga terhadap karya-karya desain maskot dari seluruh peserta, karena masing-masing desain membawa cerita dan filosofi kuat, mencerminkan keberagaman budaya dan semangat gotong royong.

"Kami mengajak partisipasi masyarakat untuk juga membantu memilih desain maskot terbaik, karena ini nantinya akan menjadi ikon krusial yang menggambarkan Indonesia di panggung dunia," katanya melalui keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kesempatan public vote telah dibuka sejak 26 Agustus 2024. Masyarakat bisa mengunjungi tautan https://link.bappenas.go.id/MascotPaviliunIndonesia untuk melihat dan mendukung desain maskot terbaik hasil karya anak bangsa.

Dari 147 orang yang mendaftar pada tahap seleksi, Kementerian PPN/Bappenas telah memilih 10 peserta terbaik untuk mendapatkan sesi mentoring dari para pakar desain. Pada sesi ini, peserta terpilih mengikuti pelatihan dalam mempertajam konsep, agar hasil karya yang dibuat bisa semakin merepresentasikan Paviliun Indonesia dan sesuai dengan tema "Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future."

10 desain maskot karya para peserta terpilih kemudian melalui tahapan kurasi ketat oleh KementerianPPN/Bappenas bersama dengan brand specialist seperti Yoga Prathama dari Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF), Sandru Emil dan Andreas dari Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), serta Daryl Wilson dari Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI).

Dari proses tersebut, lanjutnya, telah didapat lima desain dengan nilai tertinggi untuk masuk tahap final yang merupakan hasil karya peserta asal Jakarta, Bandung, dan juga Malang.

"Seluruhnya memiliki konsep dan mengangkat inspirasi citra Indonesia secara mendalam,” katanya.

Vivi menyatakan kehadiran Indonesia di World Expo 2025 Osaka selama 13 April hingga 13 Oktober 2025 merupakan kesempatan penting untuk menunjukkan identitas dan potensi Indonesia ke mata dunia.

Ajang ini akan menjadi platform untuk memperlihatkan bagaimana Indonesia memanfaatkan warisan budaya dan kekayaan sumber daya, serta menonjolkan kemampuan Indonesia dalam menciptakan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global.

Sebagai bentuk apresiasi, tambahnya, masyarakat yang terlibat dengan memberikan suara dukungannya juga berkesempatan memenangkan hadiah masing-masing Rp200.000 untuk 20 orang yang beruntung.

Dikatakannya, pemungutan suara dilakukan secara online dan terbuka. Maskot yang terpilih nantinya akan digunakan dalam berbagai materi promosi dan menjadi duta visual Indonesia di sepanjang acara World Expo 2025 Osaka.

Baca juga: Wapres: World Expo 2025 Osaka jadi peluang pasar produk halal RI
Baca juga: Indonesia bersiap ikuti World Expo 2025 di Jepang
Baca juga: China buat paviliun khusus untuk ajang World Expo 2025 di Jepang

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024