Bandung (ANTARA) - Direktur Utama RSUP dr Hasan Sadikin Bandung Rachim Dinata Marsidi menyampaikan dua pasangan calon kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) menjalani pemeriksaan kesehatan yang merupakan bagian dari tahapan pendaftaran Pilkada 2024.

Rachmin mengatakan pemeriksaan untuk calon kepala daerah ini dilakukan secara lengkap, mulai dari penyakit dalam, jantung, paru-paru, fungsi luhur, psikiatri, hingga pemeriksaan mata.

"Nanti ada beberapa penunjang, seperti EKG (Elektrokardiogram), kalau perlu mungkin nanti ada CT Scan, tapi kalau dari pemeriksaan fisik dan standar penunjang itu bagus, ya sudah cukup sampai sana," kata Rachim di Bandung, Jumat.

Baca juga: Pemeriksaan kesehatan cagub/cawagub Jabar libatkan 14 dokter spesialis

Dalam pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung, pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan datang terlebih dahulu. Beberapa saat kemudian, pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie datang menyusul dan langsung masuk ke kompleks gedung RSHS Bandung.

Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi mengatakan tes kesehatan penting dilakukan untuk calon pemimpin, bukan cuma soal kesehatan fisik, tapi juga jiwanya.

"Paling penting kesehatan jiwanya, jiwa pemimpin untuk bisa memimpin dengan baik dan bisa memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana hidup yang sehat," ujar Dedi Mulyadi.

Sementara itu, bakal calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu berharap semua proses pemeriksaan kesehatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

"Mudah-mudahan dalam proses pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dengan lancar dan semua bisa sehat Insya Allah untuk menyongsong tugas-tugas ke depan dalam menyukseskan Pilkada 2024," kata Syaikhu.

Baca juga: Empat pasangan cagub/cawagub Jabar jalani pemeriksaan kesehatan

Baca juga: Seluruh cagub/cawagub Jabar lolos pemeriksaan kesehatan


Sebelumnya, KPU Jabar menunjuk Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ketua Divisi Teknis KPU Jawa Barat Adi Saputro mengatakan sebelumnya Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat memberikan tiga rekomendasi rumah sakit sebagai lokasi pemeriksaan kesehatan, yaitu RSHS Kota Bandung, RSUD Al Ihsan Kabupaten Bandung dan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

“Dari tiga RS tersebut, KPU Jawa Barat menetapkan Rumah Sakit Hasan Sadikin sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat,” katanya.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024